Kalimantan Timur
Bersama Kita Pasti Bisa

Ist

Penanganan pandemi Covid-19 di Kaltim menunjukkan tren yang cukup baik pada Sabtu (9/5/2020). Meski kasus positif Covid-19 bertambah 5 orang, pada hari yang sama dilaporkan sebanyak 9 pasien sembuh dan 4 pasien dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan laboratorium.

Secara keseluruhan pasien sembuh menjadi 31 orang, 214 pasien positif, 181 pasien masih dalam perawatan dan 2 orang meninggal.

"Optimis, bersama kita pasti bisa," kata H Nazrin, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim di Samarinda, Minggu (10/5/2020).

Dia optimis pasien sembuh akan terus bertambah. Karena itu, pria yang juga menjabat Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim ini menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada para tenaga medis, relawan dan petugas yang terus bersosialisasi dan berbagi peran dalam penanganan Covid-19.

"Terimakasih juga kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah," kata Nazrin.

Terpenting lagi saat ini lanjut Nazrin, bagaimana agar jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak bertambah.

Semua daerah dilaporkan telah melakukan pengetatan di pintu masuk masing-masing daerah.

Seperti di ibu kota Kaltim, Samarinda. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat setidaknya membentuk 5 tim posko lapangan yang disebar di semua pintu masuk Samarinda.

Tim 1 berjaga di check point Jalan HM Ripadin, Harapan Baru, Loa Janan Ilir. Tim 2 di pintu keluar Tol Samarinda – Balikpapan, Simpang Pasir, Palaran. Tim 3 melakukan penjagaan di check point Jalan P Suryanata, Air Putih, Samarinda Ulu. Tim 4 di check point  Simpang Tiga Loa Janan, Loa Janan Ilir dan Tim 5 melakukan  operasi di Jalan Samarinda-Bontang, tepatnya di sekitar Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Sungai Siring, Samarinda Utara. Penjagaan juga dipadu dengan Operasi Ketupat dari jajaran Polresta Samarinda. (sul)

Berita Terkait