Kalimantan Timur
Bersama Mencegah Penularan Covid-19

Foto : Adi Suseno

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengapresiasi upaya yang dilakukan berbagai pihak, termasuk TNI dan Polri dalam melakukan pencegahan dan pengananan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kalimantan Timur. 

"Sangat salut dan sangat hormat dengan inisiatif dan upaya yang dilaksanakan TNI dan Polri dalam membantu pemerintah daerah menanggulangi Covid-19. Mudahan kegiatan seperti ini akan mempercepat penanganan Covid-19 di Kaltim," kata Isran Noor pada acara Serbuan Teritorial dalam rangka Mendisiplinkan Protokol Kesehatan dan Pencanangan Gerakan Perubahan Perilaku di Makorem 091/ASN, Rabu (14/10).  

Gubernur Isran Noor mengatakan pemerintah daerah terus berupaya menanggulangi penularan Covid-19. Pelaksanaanya dilakukan sesuai pedoman yang telah dibuat Presiden dan kementerian terkait yang dikoordinasikan dengan TNI dan Polri. Dan saat ini, dicanangkan Gerakan Perubahan Perilaku dalam rangka mendisiplinkan protokol kesehatan di Benua Etam, Kaltim. 

"Kita harus berpikir strategis untuk mengatasinya karena musuhnya ini tidak kelihatan. Membendung dengan strategi yang taktis dan akurat. Mengikuti instruksi pemerintah dan setiap kelembagaan, terutama untuk menaati protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak aman, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Ditambah disiplin dengan doa," kata Isran Noor.  

Hal senada disampaikan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto bahwa Covid-19 bukan lagi musuh yang terlihat nyata, tetapi tidak terlihat namun sangat mematikan.  

"Kita menyusun startegi, bagaimana caranya untuk mengalahkan Covid-19. Salah satunya melalui kegiatan Serbuan Teritorial dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan ini. Dengan tujuan memperkecil angka penambahan Covid-19, mengubah perilaku masyarakat, meningkatkan angka kesembuhan serta menghilangkan angka kematian," tegas Heri Wiranto. 

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan paket sembako dan masker dari Kodam VI/Mlw, Korem 091/ASN, BPBD, PLN Mahakam dan Pupuk Kaltim. 

Sebelumnya, Gubernur, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK beserta jajaran Forkopimda Kaltim dan Kota Samarinda mendapat penjelasan tentang aplikasi Sistem Pelaporan Terpadu (Combined Reporting System) berbasis web dan mobile dalam upaya pendisiplinan protokol kesehatan yang dijalankan oleh jajaran Kodam VI Mulawarman. (her/sul/adv) 

 

Berita Terkait