Bersama Pasti Bisa

BPBD Kaltim Minggu 3 Mei 2020

Hingga Minggu (3/5/2020), jumlah pasien positif Covid-19  masih terus bertambah. Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim mencatat sudah 162 orang terkonfirmasi positif.

"Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kita  hingga Minggu kemarin berjumlah 569 orang. Dari angka itu sebanyak 223 orang dinyatakan negatif, 162 orang positif dan 183 orang masih menunggu hasil laboratorium," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin.

Penambahan juga terus terjadi untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP).  Jumlahnya sudah mencapai 8.149 orang, dengan jumlah selesai pemantauan sebanyak 7.020 orang dan masih dalam proses pemantauan sebanyak 1.129 orang.

Kabupaten Mahakam Ulu yang hingga saat ini belum ada laporan PDP dan positif Covid-19, jumlah ODPnya pun terus mengalami penambahan. Hingga kemarin, jumlah ODP di kabupaten perbatasan dengan Serawak, Malaysia itu berjumlah 98 orang.

"Gugus Tugas di Mahakam Ulu juga terus melakukan pemantauan dan sosialisasi agar mereka tetap steril dari Covid-19," ulas Nazrin.

ODP terbesar masih ada di Balikpapan sebanyak 4.475 orang, disusul Samarinda 1.129 orang.

Pengawasan terhadap potensi penyebaran Covid-19 juga terus dilakukan di kawasan utara, yakni perbatasan antara Kabupaten Berau dengan Kabupaten Bulungan (Kalimantan Utara).

"Sekali lagi, wabah ini perlu kepedulian dan kejujuran kita bersama untuk mengatasinya. Bersama kita pasti bisa," tutup Nazrin yang juga Kepala Biro Ekonomi Setda Provinsi Kaltim itu. (sul)

Berita Terkait