Bersyukur Benua Etam IKN. Pilpres Aman. Masyarakat Kaltim Sampaikan Pernyatakan Sikap


SAMARINDA - Berbagai tokoh lintas agama dan forum masyarakat Kaltim, Kamis siang  (24/24/2019) berkumpul di Ballroom Hotel Senyiur Samarinda.

Mereka bersepakat untuk menyampaikan "Pernyataan Sikap Masyarakat Kalimantan Timur". Pernyataan pertama mendukung Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara (IKN) Indonesia. Kedua, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI/Polri yang sukses mengamankan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019, sampai pelantikan Presiden dan Wapres serta pelantikan para menteri. 

Ketiga, memberikan dukungan penuh kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk menjalankan amanah membangun Indonesia dan menyejahterakan rakyat di seluruh wilayah nusantara.

Pernyataan keempat, berkomitmen untuk senantiasa menjalin komunikasi dan mempererat silaturahmi diantara semua kelompok masyarakat Kaltim dengan menjaga kedamaian serta ketenangan daerah.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas inisiatif ini. Keharmonisan yang sudah terbangun ini harus terus kita rawat dan tingkatkan lagi," kata Gubernur Isran Noor.

Soal IKN, Isran menegaskan ini merupakan kontribusi baru rakyat Kaltim untuk Indonesia. Setelah ratusan triliun hasil sumber daya alam Kaltim setiap tahunnya selalu mengisi dompet republik ini.

"Saat gagal di perjuangan Otsus dan revisi Undang-Undang 33/2004, rakyat Kaltim tidak pernah kecewa. Sekarang mau jadi IKN. Menurut saya ini kontribusi baru rakyat Kaltim. Karena itu, soal kesetiaan rakyat Kaltim terhadap NKRI tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tidak usah diragukan," tegas Isran.

Sementara Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto menyebut dipilihnya Kaltim sebagai IKN baru merupakan berkah bagi Benua Etam. 

"Mari buktikan Kaltim memang pantas menjadi IKN. Buktikan kepada masyarakat regional, nasional dan internasional bahwa Kaltim sangat potensial, aman dan kondusif," ujar Kapolda.

Acara juga dihadiri Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan para sesepuh Kaltim, salah satunya sang inisiator acara, H Yos Soetomo, Ketua FKUB Kaltim H Asmuni Alie dan para tokoh lintas agama lainnya.(sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait