Besok, 4.000 Pemuda Ramaikan Youth Campaign HIV AIDS

Besok, 4.000 Pemuda Ramaikan Youth Campaign HIV AIDS

 

SAMARINDA - Dalam peringatan Hari AIDS sedunia yang jatuh pada tangal 1 Desember 2015, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kaltim akan menggelar acara Youth Campaign atau Kampanye Remaja, Sabtu (12/12) di GOR Sempaja Samarinda.

Sebanyak 4.000 anak muda yang berasal dari berbagai komunitas, sekolah SMP dan SMA, serta mahasiswa perguruan tinggi, akan hadir meramaikan acara ini. Kegiatan ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan oleh KPA Kaltim dalam peringatan Hari AIDS Sedunia. Selain itu, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian remaja dan masyarakat umum dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV. 

“Melalui acara ini, kami juga berharap untuk meningkatkan pengetahuan yang komperehensif (menyeluruh) mengenai HIV, serta meningkatkan akses remaja pada layanan kesehatan reproduksi dan HIV,” sebut Sekretaris I KPA Kaltim, Jurnanto, saat memaparkan rangkaian Youth Campaign kepada wartawan media cetak dan elektronik di Ruang Rapat Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim, Kamis (10/12). 

Youth Campaign yang mengusung tagline "Kita Hebat, Berani Beraksi" ini akan memberikan informasi yang komperehensif melalui talkshow interaktif terkait remaja dan HIV AIDS dengan narasumber dari KPA Kaltim. Selain itu, sebagai representatif dari pemuda peduli AIDS, dua generasi muda yang menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim juga akan menjadi pembicara. 

“Acara ini adalah acara anak muda, sehingga semangat yang ada di acara ini adalah semangat anak muda. Kami ingin seluruh anak muda di Kaltim tidak lagi acuh terhadap AIDS,” tegas Jurnanto. 

Sejalan dengan misi tersebut juga akan diadakan pula beberapa kegiatan yang menarik dan edukatif dalam mensosialisasikan HIV AIDS, yaitu dengan berbagai penampilan komunitas, pengumuman pemenang lomba yel-yel melalui media banner/spanduk yang dipasang di sekolah sekolah, bazar remaja dan informasi HIV AIDS serta mobile clinic bersama Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Youth Clinic dan Puskesmas Sempaja. Acara akan ditutup dengan Coloring Party.

“Kami berusaha sebaik mungkin membuat acara yang informatif dan edukatif, namun tetap menarik dan menyenangkan, sehingga menimbulkan kesan yang lebih mendalam di ingatan para remaja kita,” sambung Jurnanto.

Remaja dijadikan sasaran dalam acara ini adalah karena mereka merupakan penggerak sebaya, mengingat usia yang rentan terjangkit virus HIV adalah usia 15-35 tahun. Youth Campaign yang mengusung prinsip kemitraan setara antara remaja dan orang dewasa melalui kegiatan inovatif diharapkan target untuk mencapai Kaltim yang Zero New HIV Infections, Zero Discrimination and Zero AIDS Related Deaths dapat terealisasikan. 

“Sudah saatnya kita terbuka masalah HIV dengan keluarga terlebih dengan masyarakat. Jangan lagi dianggap tabu, jangan sampai karena ketidaktahuan kita, bisa terjangkit AIDS. Saya harap setelah acara ini, anak-anak muda Kaltim bisa menyampaikan pentingnya menjaga diri dan pentingnya untuk tidak melakukan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS),” kata Jurnanto.

Selain dihadiri wartawan media cetak dan elektronik, jumpa pers juga dihadiri Kepala Bagian Kehumasan Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, H Imanudin. (aka/sul/es/hmsprov)

 

/////Foto : Sekretaris I KPA Kaltim Jurnanto menjelaskan rangkaian Youth Campaign dalam jumpa di Ruang Rapat Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim. (masdiansyah/humasprov) 

 

Berita Terkait