Besok Gubernur Canangkan GNPKBL di 13 Kabupaten/Kota

Besok Gubernur Canangkan GNPKBL di 13 Kabupaten/Kota

SAMARINDA – Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas (GNPKBL) untuk tingkat provinsi akan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim pada Minggu, 22 Februari 2014. Hal ini mengalami perubahan dari jadwal semula yang direncanakan akan dipusatkan di Komplek Stadion Segiri Samarinda.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan kegiatan ini akan dilaksanakan secara serentak di 13 kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara, selain Samarinda dan Balikpapan yang sudah melakukan pencanangan terlebih dahulu.

“Ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan yang dilakukan oleh Presiden. Instruksi Gubernur sudah dikirimkan kepada kabupaten/kota. Jadi semua kabupaten/kota bisa bersama-sama melakukan pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas (GNPKBL) di masing-masing daerah pada Minggu 2 Februari 2014,” ungkap Awang Faroek.

Kegiatan pencanangan GNPKBL tingkat provinsi ini, jelas dia, akan dimeriahkan oleh penampilan Polisi Cilik Mahakam (PCM) dari Tenggarong yang memeragakan atraksi baris berbaris maupun senam 12 aba-aba petunjuk mengatur lalu lintas.

“Penampilan polisi cilik ini sekaligus memberikan pelajaran sejak dini untuk menanamkan sikap disiplin, khususnya dalam menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi pelajar-pelajar kita,” jelasnya.

Awang Faroek menambahkan kegiatan ini juga merupakan langkah penting dan strategis dalam upaya meminimalisir tingginya kasus kecelakaan lalu lintas di Kaltim. Terutama dalam memberikan pemahaman terhadap budaya tertib lalu lintas.

“Budaya antri dalam berlalu lintas harus dipahami dan diterapkan oleh masyarakat Kaltim. Ini sangat penting, mengingat tingginya angka pelanggaran lalu lintas, termasuk kecelakaan yang terjadi di sejumlah wilayah Kaltim. Ini adalah upaya kita untuk mengurangi angka tersebut,” pungkasnya.

Kegiatan ini rencananya akan diikuti sekitar 1.500 peserta yang berasal dari SKPD lingkup Pemprov, TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, guru, komunitas motor dan mobil, dunia usaha, perbankan hingga masyarakat umum di Samarinda. Selain itu, juga disediakan doorprize bagi peserta. (her/hmsprov).

//Foto: S Adiyat

Berita Terkait