Besok, Panjat Pinang dan Aneka Kuliner

 *Di Sepanjang Tepian Mahakam

 

SAMARINDA – Ahad pagi (19/1) akan menjadi hari yang meriah bagi keluarga karena Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyajikan Lomba Panjat Pinang dan Kuliner Gratis di sepanjang kawasan Tepian Mahakam.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, H. Sigit Muryono mengatakan dua kegiatan ini masih merupakan rangkaian memperingati HUT Provinsi Kaltim Ke-56 tahun 2013.

“Dispora hanya menjadi fasilitator dan koordinator dari dua kegiatan ini mulai dari penentuan lokasi, pengaturan acara dan penempatan gerobak-gerobak kuliner,” ujarnya.

Dijelaskannya, penentuan lokasi panjat pinang akan ditentukan berdasarkan undian, sehingga SKPD yang mendapatkan nomor akan memasang pohon pinang dan kulinernya berdasarkan nomor yang keluar saat undian.

Hingga Jumat sore (18/1) pohon pinang yang tersedia sebanyak 40 pohon dengan ketinggian minimal 10 meter dan  yang akan dipasangi berbagai macam hadiah.

Hadiah yang disediakan oleh setiap SKPD jenisnya bermacam-macam mulai dari barang elektronik, pakaian olahraga, peralatan memasak, makanan ringan hingga sepeda gunung untuk mengajak masyarakat menyukseskan Program Kaltim Green.

Didampingi Kepala Bidang Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Ego Arifin, dijelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari pesta rakyat yang digelar tidak saja untuk para PNS dilingkungan Pemprov Kaltim, melainkan dapat juga dapat diikuti oleh masyarakat di sekitar lokasi kegiatan.

Tidak kurang 40 pohon pinang telah dsiapkan oleh SKPD akan  didirikan di sepanjang kawasan Tepian Mahakam hingga ke Jembatan Mahakam Samarinda dengan jarak yang disesuaikan dengan kondisi taman dilapangan.

Karena bertema pesta rakyat, maka masyarakat dapat ikut berpartisipasi menjadi peserta panjat pinang dengan membentuk regu yang beranggotakan minimal lima orang.

Selain Lomba Panjat Pinang, SKDP  juga  menyediakan  aneka macam kuliner gratis bagi peserta lomba panjat pinang ini dengan berbagai sajian manakan dan minuman khas daerah Kaltim.

“Kita harapkan masyarakat sekitar dapat berpartisipasi dalam acara lomba panjat pinang ini. Dua kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita atas pembangunan yang telah dilaksanakan,” ujarnya.(yul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation