Bicarakan Rencana Pembangunan Universitas Katolik Samarinda

Audiensi Gubernur dengan Uskup Agung Samarinda

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menerima kunjungan  rombongan Keuskupan Agung Samarinda dipimpin Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjasusanto MSF, Jumat (11/12). 

Topik utama yang dibahas dalam audensi ini adalah rencana pendirian Universitas Katolik di Samarinda di bawah Yayasan Mitra Kasih. Rencana ini pun mendapat dukungan penuh Gubernur Awang Faroek.

“Saya dukung rencana ini. Untuk pendidikan, saya akan selalu mendukung penuh. Beberapa waktu yang lalu saya sudah mendukung berdirinya Universitas Nahdlatul Ulama. Tentu saja kali ini saya juga akan dukung pendirian Universitas Katolik,” kata Gubernur Awang Faroek setelah mendengarkan pemaparan dari Tim Keuskupan Agung Samarinda.

Bahkan, untuk membuktikan keseriusannya mendukung rencana ini, Gubernur Awang Faroek berencana untuk menghadirkan sahabat baiknya yang merupakan mantan Rektor Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta, Prof. Dr. Thomas Suyatno dalam pembahasan lebih lanjut rencana berdirinya Universitas Katolik ini. 

“Selama memimpin Kaltim, saya menganggap kita semua adalah saudara. Demi tercapainya cita-cita ini, dukungan pasti akan saya berikan. Minimal bantuan moril akan diberikan untuk mewujudkan ini semua,” tegasnya.

Perhatian Gubernur ini pun mendapat respon sangat positif dari Uskup Agung Mgr Yustinus Harjasusanto. Dia menilai Gubernur Awang Faroek sangat konsisten mengusung pluralisme.

“Di masa yang lalu kami juga sudah sering menerima bantuan dan dukungan dari Pak Gubernur (Awang Faroek) terhadap berbagai macam kegiatan yang telah kami laksanakan, termasuk dalam pengukuhan saya sebagai Uskup Agung,” sebutnya.

Uskup Agung Yustinus Harjasusanto memang baru saja dikukuhkan sebagai Uskup Agung Samarinda tahun ini. Pada 16 Februari 2015, Paus Fransiskus menunjuk dirinya sebagai Uskup Agung Samarinda, menggantikan Mgr. Florentinus Sului Hajang Hau. 

Selain itu, Uskup Yustinus juga menyebutkan bahwa perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Gubernur Awang untuk pembangunan gereja, sekolah dan rumah sakit telah diterima dan memperlancar kegiatan umat Katolik di Samarinda, khususnya. 

“Kami merasa didukung tidak hanya dalam waktu yang lalu, namun juga di masa yang akan datang, sehingga hari ini kami pulang dengan rasa gembira dan bersyukur,” tutupnya. (aka/sul/es/hmsprov)

FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak foto bersama Uskup Agung Samarinda Mgr Yustinus Harjasusanto MSF dan rombongan Keuskupan Agung Samarinda. (seno/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation