Bimtek Keprotokolan 2020 , Gubernur Ingatkan Protokol Harus Miliki Kompetensi

Foto : Arief M

SAMARINDA- Tik-tok ubur-ubur bersama tandai pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan se Kaltim oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.

.

Sebagai protokol khususnya di pemerintahan bukan hal mudah. Karena itu, setiap protokol harus memiliki kapasitas dan kemampuan dalam membawa diri dengan baik serta profesional.

.

Karena itu, diperlukan pendidikan atau pelatihan mengenai keprotokolan. Sehingga sebagai protokol dituntut memiliki wawasan yang luas.

.

"Artinya setiap protokol harus mengikuti perkembangan zaman. Baik dalam kronologi peristiwa yang dibawakan maupun perkembangan kegiatan yang ada ketika itu. Karena itu, kapasitas keprotokolan harus ditingkatkan," kata sran Noor di Hotel Selyca Samarinda, Kamis (27/2/2020).

.

Isran menilai, jika protokol tidak mengikuti perkembangan zaman, maka secara otomatis akan ketinggalan.

.

Selain itu, sebagai pelaksana pengatur setiap acara yang diikuti atau dihadiri pimpinan di pemerintahan, maka protokol juga harus meningkatkan kemampuan komunikasi terutama bahasa asing.

.

"Ke depan diharapkan dalam meningkatkan kapasitas tersebut khususnya bahasa, kita bisa mengirimkan staf protokol mengikuti pendidikan atau pelatihan bahasa asing di Eropa," harap Isran disambut tepuk tangan meriah peserta.

.

Kepala Biro Humas Setprov Kaltim HM Syafranuddin yang diwakili Kabag Kehumasan Andik Riyanto mengatakan Bimtek bertujuan mendukung dan meningkatkan kemampuan serta kapasitas protokol di pemerintahan. Karena itu, protokol dituntut harus profesional bekerja. 

.

"Sebagai ujung tombak suksesnya kegiatan di setiap acara, maka protokol harus dibekali pengetahuan," jelasnya.

.

Hadir Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim H Fathul Halim, Kasubbag Tamu Pemda Biro Humas Wildan Taufik, Kasubbag Urusan Perjalanan Pimpinan Siti Khotijah, Kasubbag Internal dan Eksternal Hj Murni, Kasubbag Data dan Informasi M Huseni Labib, pejabat eselon III dan IV di Lingkup Pemprov Kaltim maupun Kabupaten/Kota.

.

Narasumber Kepala Sub Bagian Tamu Kementerian Dalam Negeri Anggoro Gentur Haru dan Kabag Keprotokolan Biro Humas Setprov Kaltim Hj Syarifah Alawiyah.

.

Bimtek diikuti 80 peserta terdiri Bagian Protokol kabupaten dan kota se Kaltim serta OPD di lingkup Pemprov Kaltim.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait