Bimtek Keprotokolan, Petugas Protokol Harus Paham Acara


SAMARINDA - Dalam rangka menciptakan protokoler yang handal dan profesional, Pemprov Kaltim melalui  Biro Humas Setdaprov Kaltim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan. 

Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim Drs H Bere Ali  mewakili Gubenur Kaltim Dr H Isran Noor menegaskan untuk menjadi protokol yang kompeten dalam menangani sebuah acara setidaknya dibutuhkan  pengetahuan, kemampuan, dan  sikap,  serta  memahami isi UU No. 9 tahun 2010  tentang Keprotokolan.

"Maka seorang protokol harus tahu dan memahami isinya dengan baik terkait  kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat," kata kata Bere Ali saat membuka Bimtek keprotokolan di lingkup Pemprov Kaltim yang digelar di Ruang  Serbaguna Ruhui  Rahayu Kantor Gubernur Kaltim Kamis (18/10).

Seorang protokol, lanjut Bere Ali  harus mampu menjadi manajer yang dapat mengatur jalannya kegiatan dengan baik dan memberikan pelayanan prima. Peran seorang protokol di dalam kegiatan pemerintahan sangatlah penting untuk memperlancar jalannya suatu kegiatan. "Protokoler harus mempunyai prinsip kerja yang mencerminkan seorang protokol yang profesional. Selain itu, seorang protokol juga harus mempunyai kecakapan seperti,  tanggap, responsif, antisipatif, inovatif," ujarnya.

Bere Ali berharap dengan adanya Bimtek Keprotokolan ini dapat menciptakan protokoler yang handal dan profesional dalam melaksanakan tufoksinya, serta dapat menempatkan diri sesuai dengan norma dan kebiasaan yang berlaku di tengah masyarakat. Bimtek Keprotokolan dihadiri 70 peserta dari perwakilan FKPD, organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Kaltim, perwakilan dari dinas instansi  vertikal dan perbankan. (mar/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation