BKD Gelar Seminar dan Konseling

* Bagi PNS yang Masuk Usia Pensiun

SAMARINDA–Pemprov melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, melaksanakan Seminar dan Konseling bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Kaltim, khususnya yang memasuki usia pensiun. Seminar dan konseling ini dilaksanakan pada 18-21 Maret 2013 di Malang, Jawa Timur.
Kepala BKD Kaltim, HM Yadi Robyan Noor, mengungkapkan kegiatan utama dari rangkaian acara tersebut berupa konseling, yaitu berupa bimbingan bagi PNS agar memiliki kesiapan saat memasuki masa pensiun.
“Jika pada tahun sebelumnya diadakan di Bandung, Jawa Barat, maka untuk 2013 ini seminar dan konseling ini diadakan di Malang, Jawa Timur,” ungkapnya saat memberikan pembekalan kepada peserta Seminar dan Konseling bagi PNS di lingkungan Pemprov Kaltim yang memasuki usia pensiun, di Ruang Rapat BKD Kaltim, Kamis (14/3).
Tujuan kegiatan ini, menurut pria yang akrab disapa Roby ini adalah untuk membuat seseorang atau individu memiliki komitmen (kesungguhan dalam melakukan sesuatu) dan tanggung jawab. Memahami kehidupan (ada proses menyenangkan dan tidak menyenangkan).
Membangun rasa toleransi (saling memahami dan mengerti). Memiliki selalu sikap positif selalu berprasangka baik).Disamping itu, lanjut dia, manfaat dari kegiatan ini adalah agar mereka yang sudah memasuki usia pensiun dapat membuat diri semakin merasa jauh lebih baik. Membantu menurunkan bahkan menghilangkan stress. Membantu untuk dapat memahami diri sendiri dan dapat menerima orang lain.
“Ingatlah tujuan dan manfaat tersebut. Di sana nanti kita juga akan berinteraksi dengan orang lain. Untuk itu diperlukan sebuah team work dalam membangun kebersamaan sehingga kegiatan ini benar-benar memberikan manfaat bagi peserta yang mengikutinya,” harapnya.
Ditambahkan Roby, sebelum pensiun, seorang PNS wajib melapor kepada BKD setahun sebelumnya. Dan yang terpenting dalam persiapan memasuki masa pensiun adalah seorang PNS juga sudah memiliki rencana untuk second carrier, sehingga tidak terlalu bergantung kepada dana pensiun.
“Kita ingin PNS yang memasuki masa pensiun memiliki kesiapan, terutama untuk second carier mereka. Setelah menjadi pegawai negeri akan menjadi apa? Kita nanti akan melihat best practice di Malang, bagaimana contoh keberhasilan dari pensiunan,” tambahnya.
Menurut Roby, BKD akan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan pegawai dengan berbagai program dan terobosan. Namun, lanjut dia, untuk mencapai hal itu memang  tidak mudah.“Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pegawai, BKD telah mencoba melakukan terobosan. Mulai dari penyusunan rencana,  penetapan formasi, pengisian  pegawai, pengembangan karir, pendidikan dan pelatihannya. Mensejahterakan   pegawai, termasuk dengan  persiapan masa pensiunnya seperti saat ini,” ucapnya.
Sementara itu, Kabid Pembinaan Aparatur BKD Kaltim, Rozani Erawadi, menjelaskan kegiatan seminar dan konseling ini diikuti 77 orang pegawai golongan I, II dan III yang berasal dari SKPD lingkup Pemprov Kaltim.
“Nara sumber pada kegiatan seminar dan konseling ini adalah psikolog dan praktisi kesehatan dari Universitas Malang. Kemudian, pelaku usaha dan staf Pemkot Malang,” jelasnya. (her/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation