BKKBN Bantu Bangun Balai Penyuluhan KB

BKKBN Bantu Bangun Balai Penyuluhan KB

SAMARINDA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Perwakilan BKKBN Kaltim menyerahkan Balai Penyuluhan KB dan gudang alat kontrasepsi serta satu unit mobil penerangan KB kepada  Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera  (KBKS) Kota Samarinda.

“Bangunan dan kendaraan serta peralatan operasional itu untuk mendukung kegiatan program Kependudukan dan KB melalui Dana Alokasi Khusus  (DAK) 2013 yang merupakan bantuan pemerintah pusat yang kemudian dikelola Badan KBKS Samarinda,” kata Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN Ambar Rahayu  pada  menyerahan bantuan di Samarinda, pekan lalu.

Ambar menyampaikan tidak semua daerah mendapatkan bantuan tersebut, karena ada beberapa kreteria tertentu. Misalnya, hanya diberikan kepada daerah  tertinggal, terpencil dan perbatasan dengan tujuan untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan KB bagi masyarakat.

Selain balai penyuluh  dan gudang alkon serta mobil penerangan, juga diserahkan bantuan DAK  berupa sarana  fisik yakni kendaraan roda dua dan sarana PLKB, personal computer  empat unit, implant kit 21 buah, obgyn bad 18 buah, public adress 18 buah,.

 “Dari nilai bantuan dan jumlah daerah yang menerima bantuan ini terus meningkat. Misalnya, dana minimal Rp500 juta per daerah. Tetapi   kedepan  akan terus  diperjuangkan bantuan non fisik untuk membiayai operasional,” katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Samarinda  Nusyirwan Ismail mengakui selain bantuan pemerintah pusat melalui BKKBN juga dukungan dan perhatian Pemprov Kaltim sangat besar dalam menyukseskan kegiatan dan program Kependudukan dan KB serta pembangunan keluarga di Samarinda.

“Pemerintah Kota Samarinda siap melakukan pendampingan terhadap  dana DAK yang diberikan pemerintah pusat, karena program Kependudukan dan KB merupakan program  prioritas  pemerintah daerah khususnya Kota Samarinda,” ujar Nusyirwan Ismail.

Nusyirwan mengungkapkan berdasarkan data dari Dinas Catatan Sipil  jumlah penduduk  Samarinda hingga Februari 2014 sekitar 969.122 jiwa, atau hampir mencapai satu juta jiwa  dengan laju pertumbuhan penduduk (LPP) mencapai 3,38 persen.(yans/sul/es/hmsprov)

/////FOTO : Sekretaris Utama BKKBN Ambar Rahayu  (kedua kiri) bersama Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail (kiri) menyaksikan Kepala KBKS Samarinda menandatangani berita acara penyeraan Dana Alokasi Khusus  2013.(masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait