BKKBN Bantu Laparoscopy Rumah Sakit

SAMARINDA - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim tahun ini kembali menyerahkan bantuan alat Laparoscopy untuk persalinan kepada rumah sakit khususnya di wilayah Samarinda.

“Sejak 2008 hingga tahun ini kita sudah menyerahkan 8 unit Laparoscopy dan kali  ini yang mendapatkan bantuan rumah sakit umum daerah (RSUD) IA Moeis milik Pemkot Samarinda dan Rumah Sakit Siaga Samarinda,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Jufri Yasin saat penyerahan  bantuan di Samarinda, Selasa (15/1).

Menurut dia, diberikannya peralatan Laparoscopy dan peralatan monitor lainnya untuk mendukung semua pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan reproduksi sekaligus dijadikan tempat rujukan pelayanan KB.

Terutama dalam upaya mendukung program pembangunan sumber daya manusia Kaltim yang lebih berkualitas melalui pelaksanaan kegiatan Kependudukan dan KB sesuai dengan program prioritas pembangunan yang ditetapkan Gubernur Awang Faroek Ishak.

Kedelapan Laparoscopy yang diberikan tersebut masing-masing RS TNI R Haryanto, RS Bersalin Kasih Bunda dan RSB Sayang Ibu.  Rumah Sakit Bersalin Aisyiah dan RS Islam serta RSUD IA Moeis dan RS Siaga Samarinda.

Diberikannya sejumlah bantuan berupa peralatan dapat menduklung program KB melalui peningkatan peran serta rumah sakit atau kontribusi signifikan terhadap uoaya peningkatan kesehatan ibu dan penurunan unmet need dalam pelayanan KB.

“Tentunya dengan adanya bantuan peralatan yang memadai akan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk pelayanan KB. Sekaligus sebagai dukungan serta sinergitas BKKBN dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan program KKB di Kaltim, guna menciptakan generasi yang berkualitas dan berdaya saing,” ungkap Jufri Yasin.(yans/hmsprov)

Foto: SDM BERKUALITAS. Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Jufri Yasin saat menandatangani berita acara penyerahan bantuan alat Laparoscopy ke Pemkot Samarinda. (masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait