BKKBN Kumpulkan Camat dan Lurah

Rencanakan  Pembangunan Berwawasan Kependudukan

SAMARINDA – Penduduk merupakan isu yang sangat strategis dalam kerangka pembangunan nasional. Karena, penduduk menjadi pusat seluruh kebijakan dan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Guna menyukseskan perencanaan pembangunan yang berwawasan kependudukan maka Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  Kaltim mengumpulkan para camat dan lurah termasuk kepala desa se-Kota Samarinda.

Kegiatan yang dilakukan BKKBN secara bertahap di setiap kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara ini mengundang seluruh pemangku kewenangan di level tingkat paling bawah di pemerintahan daerah.

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Yenrizal Makmur, keadaan penduduk sangat mempengaruhi pembangunan. Jumlah penduduk yang besar tanpa diikuti peningkatan kualitas penduduk maka hanya akan menjadi beban pembangunan. 

“Pembangunan dikatakan berhasil jika mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas penduduk baik fisik maupun non fisik,” kata Yenrizal Makmur pada Sosialisasi Isu Strategis  dan Hasil Kajian Dampak Kependudukan di Samarinda, Selasa (21/10).

Karenanya, perencanaan pembangunan yang dilakukan dari bawah ke atas tentu memberikan peluang yang sangat besar bagi lurah (kepala desa) dan camat untuk merencanakan pembangunan yang lebih mengarah pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan penduduk.

Yenrizal menyebutkan berbagai permasalahan kependudukan yang terjadi di Kaltim diantaranya laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, ledakan penduduk usia kerja muda, mobilitas penduduk meningkat serta kualitas penduduk yang masih rendah.

“Penting kita memberikan pemahaman kepada lurah dan camat tentang keterlibatan mereka dalam menentukan arah kebijakan pembangunan yang berwawasan kependudukan guna mewujudkan kualitas dan kesejahteraan penduduk,” ungkap Yenrizal Makmur.

Sementara itu Kepala Subbid Analisis Dampak Kependudukan Sudibyo mengemukakan sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepada camat dan lurah tentang pelaksanaan pembangunan yang menekankan peningkatan kualitas SDM bukan infrastruktur semata.

Sosialisasi diikuti 63 peserta terdiri dari camat dan lurah se-Kota Samarinda dan pengurus Koalisi Kependudukan kabupaten dan kota se-Kaltim serta pejabat eselon II dan III Badan KBKS Samarinda dengan narasumber Direktur Dampak Kependudukan BKKBN Suyono Hadinoto. (yans/sul/es/hmsprov)

////Foto : Para camat dan lurah mengikuti sosialisasi isu strategis dan hasil kajian dampak kependudukan. (masdiansyah/humasprov)
 

Berita Terkait