BKOW HUT ke-45

* Itty : Perlu Upaya Lebih Maksimal

 

SAMARINDA – Di usianya yang ke-45 tahun, Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Kaltim Hj Itty Rukiah mengakui masih perlu ada upaya yang lebih maksimal terutama dalam kegiatan advokasi Perempuan dalam ranah publik.

“Diusianya yang cukup matang ini terus evaluasi diri dalam upaya optimalisasi pelaksanaan program-program organisasi, terutama kegiatan pemberdayaan perempuan di Kaltim,” ujar Itty disela peringatan HUT BKOW Kaltim di Aula BKOW Kaltim, Sabtu (2/11).

Organisasi wanita yang tergabung didalam BKOW mencapai 44 organisasi dan di kabupaten/kota se-Kaltim telah terbentuk GOW (gabungan organisasi wanita) yang menaungi perempuan dalam ikut berperan dalam pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Menurut dia, BKOW sangat berperan dalam ikut menyukseskan perempuan untuk masuk berkiprah di lembaga publik baik di instansi pemerintah sebagai birokrat maupun legislatif sebagai wakil rakyat serta aparatur di lembaga yudikatif maupun sektor usaha dan lainnya.

“Kita organisasi kemasyarakatan beranggotakan organisasi wanita terus meningkatkan kualitas dan kemampuan para anggotanya. Terutama sebagai mitra pemerintah dalam upaya mendukung serta menjalin kerjasama menyukseskan program pembangunan,” ungkap Itty.

Sementara itu mantan Ketua BKOW Kaltim periode 1984-1999 Hj Eka Komariah Kuncoro mengakui keberadaan BKOW Kaltim sudah dirasakan sangat membantu bagi peningkatan kualitas dan kapasitas kaum perempuan di daerah.

“BKOW dengan program-program kerjanya yang ada sekarang ini sudah sangat membantu terhadap peningkatan kapasitas dan kualitas kaum perempuan baik di lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif serta sektor-sektor publik lainnya,” ujar Eka Komariah.

Selain itu, dengan kepengurusan yang ada telah mebuka kesempatan bagi perempuan untuk mampu mengembangkan diri, terlihat semakin terbukanya peluang dan kesmepatan perempuan untuk berkarir di ranah publik.(yans/adv).

///Foto: KEMBANGKAN DIRI. Ketua BKOW Kaltim Hj Itty Rukiah saat menyerahkan potongan kue Ultah kepada Hj Komariah Kuncoro, tokoh wanita Kaltim. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait