BKOW Komitmen Wujudkan Kaltim Zero Narkoba

SAMARINDA – Upaya pencegahan dan antisipasi peredaran serta penyalahgunaan Narkoba merupakan tanggungjawab bersama. Maka, BKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) Kaltim selaku mitra pemerintah bertekad mendukung mewujudkan Kaltim sebagai daerah Zero Narkoba.
“Sesuai dengan komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak menetapkan Kaltim Zero Narkoba, maka kami (BKOW) selaku mitra pemerintah merasa ikut bertanggunjawab untuk secara bersama-sama mewujudkannya,” kata Ketua Umum BKOW Kaltim Hj Itty Rukiah disela Penyuluhan Narkoba bagi remaja, guru, tokoh agama dan tokoh masyarakat di UPT Sanggar Kegiatan Belajar Tenggarong Seberang, Selasa (30/4).
Terlebih peredaran dan penggunaan narkoba terus mengalami peningkatan bahkan diindikasikan telah merasuki dikalangan remaja dan pelajar di Kaltim. Kondisi ini sangat memprihatinkan dan perlu dilakukan upaya-upaya yang lebih responsif.
Diantaranya, secara rutin dan bertahap melakukan penyuluhan dan penyadaran bagi seluruh kalangan di masyarakat dengan melibatkan instansi teknis terkait, misalnya Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim.
Walaupun target utama adalah pemuda dan pelajar namun para guru dan tokoh agama serta tokoh masyarakat perlu diberikan pemahaman dan tambahan wawasan terhadap pencegahan dan antisipasi peredaran narkoba di lingkungan masyarakat hingga kepedesaan.
“Penyuluhan bekerjasama dengan berbagai kalangan di masyarakat sebagai langkah bersama untuk meminimalisir ancaman sekaligus antisipasi terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba, khususnya bagi generasi muda sebagai penerus pembangunan bangsa,” jelas Itty Rukiah.
Sementara itu Ketua Panitia penyuluhan drg Astuti Tommy mengemukakan penyuluhan yang melibatkan pelajar, mahasiswa dan guru serta tokoh agama serta tokoh masyarakat agar peredaran narkoba di masyarakat dapat dicegah bahkan diberantas.
“Kita memahami pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan narkoba tanggungjawab pemerintah, namun keterlibatan seluruh komponen masyarakat akan mampu memaksimalkan upaya antisipasi dan pencegahan ancaman bahaya narkoba di masyarakat,” ujar Astuti Tommy.
Penyuluhan Narkoba di Desa Bukit Raya Tenggarong Seberang diikuti 100 peserta. Dengan Narasumber Ketua BNNP Kaltim Kombes Pol Maridup Samosir Pakpahan dan Kepala Bagian Ilmu Penyakit Dalam Pusat Kedokteran Tropis RSUD AW Sjahranie Samarinda Sunarto Ang. Tampak hadir Dirut RSKD Atma Husada Mahakam Samarinda Hj Fadillah Materuna.(yans/hmsprov).

////Foto : Sejumlah Peserta penyuluhan Narkoba yang digelar BKOW Kaltim. (masdiansyah/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait