BLKI Cetak Petani Berkualitas

Kunker Disnakertrans ke Wilayah Barat Kaltim

BARONG TONGKOK-Kehadiran Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) di daerah juga sangat diharapkan untuk dapat menciptakan petani dan pekebun berkualitas. BLKI  hendaknya dapat memberikan pembinaan dan pengetahuan kepada masyarakat petani dan pekebun agar mampu menjadi petani dan pekebun professional, sehingga mampu meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan perkebunan mereka. 

“Saat kunjungan Gubernur Awang Faroek Ishak baru-baru ini ke Kutai Barat, beliau sudah mengingatkan agar pembangunan BLKI di Kubar ini mampu mencetak para petani dan pekebun berkualitas, sehingga dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan perkebunan mereka. Dengan demikian, kesejahteraan mereka juga meningkat,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim HM Djailani usai pertemuan dengan Disnakertrans Kubar serta masyarakat setempat dalam rangka kunjungan kerja (Kunker) Disnakertrans Kaltim ke wilayah barat di Barong Tongkok, Kamis (28/8).

Pembangunan BLKI Kubar difokuskan pada bidang teknik industri pertanian dan perkebunan sesuai dengan potensi Kubar. Karena itu, Pemprov Kaltim terus berupaya mendukung pembangunan BLKI ini sehingga pengembangan sektor pertanian dan perkebunan di daerah ini berkembang dengan lebih baik.

Meski demikian, Pemprov Kaltim berharap agar Pemkab Kubar juga berperan mendukung pembangunan BLKI tersebut agar bisa diselesaikan. “Kami ingin mengetahui kondisi terakhir pembangunan tersebut, makanya Pemprov Kaltim melalui Disnakertrans melakukan kunjungan ke daerah ini, dengan tujuan untuk menginventarisir perkembangan pembangunan tersebut. Mudah-mudahan BLKI ini bisa segera diselesaikan,“ kata Djailani.

Hingga saat ini terdapat beberapa BLKI yang tersebar di Kaltim dan Kaltara, diantaranya di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Nunukan dan Kutai Barat. BLKI di Kutai Barat hingga saat ini masih dalam proses pembangunan dengan kolaborasi pendanaan Pemprov Kaltim dan Pemkab Kubar.

BLKI Kubar ini mulai dibangun sejak 2012. Pemprov Kaltim menyiapkan pendanaan, sementara Pemkab Kubar menyiapkan lahan. Proses pembangunan BLKI ini harapkan tuntas pada 2016.  (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim HM Djailani (tengah, batik hijau) bersama dengan warga transmigran Desa Transmigrasi Sumber Sari Barong Tongkok.. (jaya/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation