Kalimantan Timur
BNPB Bantu Kaltim Satu Unit Helikopter

dok.humasprovkaltim

SAMARINDA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana akan memberikan bantuan satu unit helikopter kepada Pemprov Kaltim. Nantinya dipergunakan sebaga sarana transportasi untuk peninjauan lokasi pembangunan ibu kota negara (IKN) baru.  

Wacana bantuan BNPB kepada Pemprov Kaltim itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim H Nazrin. Rencana bantuan satu unit helikopter  tersebut  disampaikan langsung Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo kepada Gubernur Kaltim H Isran Noor usai meninjau lokasi banjir di Samarinda, Rabu (22/1/2020). 

“Doni meminta Pemprov Kaltim untuk mencarikan helikopten yang terbaik. Nantinya akan dihibahkan ke Pemprov Kaltim untuk dimanfaatkan bukan saja dipakai pejabat pusat  untuk meninjau pembangunan IKN, tetapi bisa dipakai sebagai sarana transportasi untuk peninjauan ke masyarakat yang  terkena bencana,” kata Nazrin. 

Mengenai jenis helikopternya, Nazrin belum tahu. Namun wacana bantun satu unit helikopter kepada Pemprov Kaltim perlu diapresiasi. Karena bantuan helikopter tentu sangat besar manfaatnya bagi Kaltim yang memiliki wilayah geografis yang sangat luas.

“Keberadaan helikopter ini tentu  sangat membantu kita. Bukan saja memudahkan peninjauan lokasi pembangunan IKN di Samboja (Kutai Kartanegara) maupun Sepaku (Penajam Paser Utara). Juga memudahkan peninjauan bila terjadi musibah bencana di daerah,” jelas Nazrin.(mar/her/yans/humasprov kaltim)      

Berita Terkait