BPA Provinsi Bali Studi Banding ke BAD Kaltim

 

SAMARINDA-Badan Arsip Daerah  (BAD) Provinsi Kaltim yang berhasil meraih juara pertama tingkat Nasional  tahun 2016 yang dilaksanakan Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri), membuat beberapa badan arsip provinsi diluar Kaltim datang untuk studi bandin ke Kaltim seperti Badan Perpustakaan dan Arsip  (BPA)  Provinsi Bali.

Kunjungan studi banding BPA Provinsi Bali di pimpin langsung Asisten III Setdaprov Bali I Gusti Ngurah Alif  di dampingi  Kepala  BPA Provinsi Bali Luh Putu Haryani beserja jajaranya, dan  diterima Kepala Badan Arsip Daerah Provinsi Kaltim H Ardiansyah beserta jajarannya, yang berlangsung Jum'at (18/11) lalu.

H Ardiansyah dalam sambutan selamat datang di Provinsi Kaltim memaparkan keberadaan Provinsi Kaltim yang memiliki luas daratan 129.066.64 km2  dengan  jumlah penduduk 3.351.432 jiwa (2014)  yang tersebar  pada  1.032 desa/kelurahan, 103 kecamatan   dan   7 kabupaten dan 3 kota.

Selain itu, Ardiansyah juga memaparkan keberadaan BAD Kaltim yang hanya memiliki tenaga  53 orang, namun atas kinerja yang maksimal mampu memberikan keberhasilan seperti mendapatkan ISO akreditasi A, kemudian beberapa penilaian SKPD terbaik, 2015 meraih juara II Nasional dan   BAD Kaltim dinyatakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi terbaik  partama Nasional tahun 2016 Wilayah I.

"Keberhasilan meraih juara pertama tingkat nasional, tentu berkat kerja keras personel BAD  dan dukungan Pemprov Kaltim, berkat keberhasilan itu  sudah beberapa daerah lain datang untuk melakukan studi banding ke BAD Kaltim  seperti Jabar, Jatim, Jateng teramsuk BPA Provinsi Bali," kata Ardiansyah. 

Sementera itu, Igusti Ngurah Alif mengakui BAD Kaltim memang layak meraih juara satu, karena fasilitas kearisipan yang dimiliki sangat bagus,  oleh karena studi banding yang dilakukan nantinya bisa mengadopsi beberapa kemajuan yang sudah dicapai untuk diterapkan  di BPA Bali.

"Kita akan implementasikan apa yang telah dilakukan BAD Kaltim seperti pola pembinaan kepada SKPD, dimana setiap staf memilki tanggung jawab dalam pembinaan masing-masing SKPD  itu sangat bagus sekali,  kemudian sistemnya dan peralatanya sudah lengkap sehingga wajar BAD Kaltim meraih juara pertama tingkat Nasional," kata I Gusti Ngurah Alif.

Sebelumnya, jajaran BPA Provinsi Bali diperkenankan untuk melihat langsung  fasilitas kearsipan yang dimiliki BAD Kaltim yang berada di lantai II dan III, dalam peninjauan tersebut baik asisten III maupun kapala BPA Provinsi Bali serta jajarannya melakukan tanya jawab terkait dengan pengelolaan maupun tata cara penyimpanan arsip yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(mar/humasprov)

Berita Terkait