BPBD Ikut Pantau Arus Mudik Lebaran

 

BPBD Ikut Pantau Arus Mudik Lebaran

  

SAMARINDA-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim yang dilengkapi dengan Pusat Pengendalian Operasi Penangulangan Bencana (Pusdalops) ikut memantau arus mudik lebaran bekerjasama dengan instansi terkait. Pantauan khususnya dilakukan  untuk arus mudik jalan poros Samarinda -Balikpapan.

"Melalui Pusdalops kami ikut memantau arus mudik, jika terjadi kondisi darurat tim reaksi cepat langsung terjun ke lokasi. Setiap kejadian akan dipantau melalui satelit," kata Kepala BPBD Kaltim Wahyu Widhi Heranata, Selasa (22/7).

Dijelaskan hal ini sesuai tugas pokok Pusdalops, yakni bekerja secara cepat, tepat, akurat, kordinatif, koperatif, transparan serta akuntabel. Sebelum terjadi bencana, tugas pokok Pusdalops  adalah memberikan dukungan dalam pengumpulan, mengolah, penyaji data dan informasi kebencanaan secara rutin dan saat bencana juga memberikan dukungan pada Posko tanggap darurat untuk melaksanakan kegiatan darurat.

  Sedangkan saat pasca bencana, Pusdalops  memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan data dan informasi khususnya pada pelaksanaan rehabilitasi dan kontruksi. Pusdalops juga bertugas menerima, mengolah dan mendistribusikan berbagai informasi kebencanaan agar penanganan tanggap darurat dapat dilakukan secara cepat, tepat, efisien dan efektif dengan koordinasi, komunikasi dan sinkronisasi yang baik.

  Dia juga mengimbau agar masyarakat memberikan laporan jika terjadi bencana. Masyarakat juga dapat menggunakan layanan call/sms centre ke nomor  08115844722 untuk menyampaikan laporan. Kalau benar terjadi bencana di satu daerah, laporan itu akan diteruskan kepada  gubernur, wakil gubernur, sekprov dan seluruh pejabat yang terkait.

  "Pusdalops Kaltim sudah didukung peralatan  komunikasi yang canggih, sehingga saat terjadi bencana, laporan bisa langsung disampaikan kepada   presiden, gubernur dan Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB)," pungkasnya. (sar/sul/hmsprov)

Berita Terkait