BPBD Kaltim Bangun 20 Desa Tangguh Bencana

BPBD Kaltim Bangun 20 Desa Tangguh Bencana  

 

SAMARINDA - Dalam upaya mengantisipasi dan menanggulangi bencana secara cepat dan tepat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim akan membangun Desa Tangguh Bencana (Destana). Destana akan dibangun di 20 desa yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Kaltim.   

"Salah satu program prioritas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim yang masuk dalam RPJMD Provinsi Kaltim tahun 2015 ini, yaitu membangun Desa Tangguh Bencana. Di masing-masing kabupaten/kota akan ada dua Destana. Untuk Destana  di Kota Samarinda akan di bangun di Kelurahan Lempake dan Kelurahan Sungai Siring. Harapannya,  masyarakat di sekitar wilayah Destana lebih siap menghadapi bencana dalam bentuk apapun," kata Kepala  BPBD Kaltim, Wahyu Widhi Heranata di Kantor Gubernur,  Senin (5/1).

Selain dua  Destana di tiap kabupaten/kota yang akan dibangun provinsi, Wahyu Widhi berharap agar kabupaten kota dapat menambah Destana lain mencontoh Destana sebelumnya. Setiap  Destana nantinya akan dibantu pembiayaan hingga 2018. Adapun kegiatan yang dilakukan nantinya antara lain, penguataan kelembagaan serta memberikan bantuan peralatan  dalam upaya penanggulan bencana tepat guna. 

"Pembentukan Destana  di suatu daerah itu tidak asal tunjuk. Ada   kajian dan analisa awal bahwa kawasan itu beresiko tinggi dalam bencana. Kita juga mendapatkan  informasi  dari BPBD kabupaten/kota," imbuhnya. 

Wahyu Widhi berharap kabupaten/kota  yang belum memiliki BPBD agar  segera membentuk. Dari 10 kabupaten/kota, masih ada dua kabupaten/kota yang belum membentuk BPBD  yakni Kota Bontang dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). 

"Kami sangat mengharapkan Kota Bontang dan Kabupaten Mahakam Ulu agar segera membentuk BPBD. Ini sangat penting bagi kita untuk melakukan koordinasi apabila terjadi bencana," tegas Didit, sapaan akrabnya. (mar/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation