BPBD Kaltim Bangun Destana di Setiap Daerah


SAMARINDA - Mengantisipasi dan penanggulangan bencana secara cepat dan tepat yang mungkin terjadi di daerah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim. akan membangunan 20 Desa Tangguh Bencana (Destana)  di 10 kabupaten/kota.  

Destana merupakan salah satu program prioritas BPBD Kaltim yang masuk dalam RPJMD Kaltim 2016.  "Masing-masing kabupaten/kota ada dua Destana. Destana  di Kota Samarinda sudah dibangun di Kelurahan Lempake dan Kelurahan Sungai Siring, harapannya masyarakat di sekitar wilayah Destana, nantinya siap menghadapi bencana dalam bentuk apapun ," kata Kepala  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD H Chairil Anwar, di sela-sela   Sosialisasi Kebijakan  Penanggulangan Bencana Provinsi Kaltim 2016 di Balikpapan, Selasa (11/4).

Dengan dibangunnya dua Destana setiap kabupaten/kota, Chairil Anwar  mengharapkan, bisa ditambah dengan mencontoh Destana sebelumnya, sehingga  terus eksis  dan akan dibantu pembiayaan, kerana hal itu sudah diprogramkan sampai 2018.

"Adapun kegiatan yang dilakukan  antara lain, kapasiti bulding,  penguataan kelembaan serta memberikan bantuan peralatan  dalam upaya penanggulan bencana secara tepat guna," ujarnya.

Lokasi Destana  tidak hanya asal tunjuk, tentunya berdasarkan penelitian dan kajian serta analisa posko bencana yang memang betul-betul  memiliki  resiko bencana di desa tersebut.(mar/es/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation