BPD Fokus Kembangkan UMKM

SAMARINDA   Upaya yang sangat penting harus dilakukan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim agar daerah memiliki daya saing adalah dengan kesinambungan ketersediaan sumber dana murah dalam mendukung ekspansi usaha.

Hal  tersebut untuk mendukung program peningkatan perekonomian daerah melalui pembiayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan koperasi dengan suku bunga terjangkau, sehingga bisa membawa stimulus bagi pembangunan di daerah.

Hal tersebut diharapkan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK-RI atas kinerja BPD Kaltim di Auditorium BPK-RI Perwakilan Kaltim, pekan lalu.

Menurut Awang, kinerja BPD Kaltim yang sudah terbangun di banyak kecamatan di berbagai daerah baik kabupaten dan kota harus mampu menunjukkan eksistensinya dengan pengembangan ekonomi kerakyatan.

“BPD dituntut untuk fokus terhadap optimalisasi kinerja yang lebih baik  dan mampu memaksimalkan perannya sebagai agen of development (agen pembangunan), utamanya agen pembangunan perekonomian daerah,” kata Awang Faroek Ishak.

Selain mendukung pengembangan kegiatan UMKM dan koperasi melalui penyediaan kredit usaha untuk permodalan. BPD telah mendukung kegiatan usaha pertanian dalam arti luas.

Misalnya, Kredit Ternak Sejahtera yang diperuntukkan mendukung modal usaha kegiatan peternakan bagi pelaku usaha petani peternak. Demikian halnya, Kredit Perikanan Sejahtera yang disiapkan untuk modal usaha kelautan dan perikanan yang dilakukan para nelayan dan pelaku usaha di subsektor tersebut.

Termasuk Kredit Sawit Sejahtera tidak lain disediakan bagi petani pekebun dan pelaku usaha kelapa sawit baik swadaya maupun plasma. Juga, Kredit Pangan Sejahtera yang disiapkan lembaga perbankan milik daerah itu bagi pelaku usaha pertanian tanaman pangan yang terus didorong pengembangannya.

“Saya sangat berterima kasih atas kinerja BPD dalam mendukung pengembangan kegiatan usaha ekonomi kerakyatan. Kita berharap terjadi percepatan peningkatan taraf hidup rakyat,” harap Awang Faroek Ishak. (yans/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation