BPD Kaltim Perusda Sehat

SAMARINDA - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim merupakan salah satu BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Kaltim yang merupakan Perushaan daerah (Perusda)  “sehat” dan mampu memberikan kontribusi positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).
“Saya harap Perusda lainnya dapat mencontoh BPD Kaltim, sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah terutama PAD,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Anggota Dewan Pengawas Bank Kaltim, Direksi, Ketua dan Anggota Badan Pengawas BUMD Pemprov Kaltim di Pendopo Lamin Etam, Senin (1/4).
Karena lanjut Awang, selama ini perusda lain umumnya belum dapat menjalankan tugas dan fungsi secara optimal karena dihadapkan pada beberapa kendala, baik yang bersifat teknis, manajemen maupun administrasi.
Karenanya diperlukan upaya secara intensif diantaranya  mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis melalui upaya pembentukan good corporate governance (tata kelola menajemen yang baik) dan menempatkan perusda dalam  pasar bebas secara tepat.
Mengembangkan analisis kompetensi keunggulan perusda dan mengupayakan semakin berperan dalam menunjang perwujudan kesejahteraan masyarakat sesuai bidang bisnis. Terutama membangun kemitraan antara Perusda dengan pemerintah serta masyarakat.
Menurut Awang, Pemprov secara proaktif melakukan penataan kembali strategi bisnis, organisasi/kelembagaan, sumber daya manusia dan permodalan. Langkah tersebut diwujudkan dalam program berkesinambungan melalui Strategi Revitalisasi Perusda Kaltim.
“Pemprov telah membentuk Tim Penyusunan Rancangan Strategis Penyehatan Perusda Kaltim. Awalnya Tim bertugas mempersiapkan, melaksanakan penyusunan dan melaporkan yang berkenaan dengan pelaksanaan perusda kepada Gubernur,” jelasnya.
Namun, Tim telah bekerja dan tahap pertama menghasilkan tiga rekomendasi yang diharapkan sebagai solusi. Yakni, pembentukan Kaltim Superholding serta Kaltim Resources dan Kaltim Infrastructure sertta pembentukan investment company Kaltim Investment Authority (KIA).
“Pemprov berupaya meningkatkan kinerja melalui strategi terbaik yaitu melakukan change management (perubahan manajemen), baik yang terkait dengan sistem, kebijakan dan strategi baru yang lebih berkualitas serta memiliki spirit lebih baik,” ungkap Awang Faroek.(yans/hmsprov).

////Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak menyaksikan penandatangan naskah Pakta Integritas oleh Anggota Dewan Pengawas dan jajaran Direksi serta Komisaris sejumlah Perusda.(syaiful/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation