BPM-PD Gelar TTG Ke-4 di Balikpapan

SAMARINDA - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Provinsi Kaltim akan menggelar Teknologi Tepat Guna  (TTG) tingkat Provinsi Kaltim yang ke-4 tahun 2016. Gelar TTG rencananya dilaksanakan pada 18-22 Juli 2016 di Balikpapan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi  mengatakan, maksud dilaksanakannya teknologi tepat guna adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil atau produk  tehnologi tepat guna yang diciptakan masyarakat. Tema gelar TTG tahun ini adalah "Melalui gelar teknologi tepat guna kita wujudkan Kaltim berkinerja tinggi menuju masyarakat yang mandiri."   

"Gelar TTG menjadi ajang mengenalkan alat-alat yang diciptakan untuk menghasilkan produk. Kegiatan ini juga menjadi ajang pertemuan para petugas yang ada di Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek)," kata Jauhar Efendi, Rabu (13/7). 

Jauhar mengharapkan  dengan dilaksanakannya  Gelar TTG ini, maka  produk alat-alat yang diciptakan, sebanyak mungkin bisa dipakai masyarakat. Terutama alat-alat yang ramah lingkungan dan memanfaatkan barang-barang bekas. 

"Kalau alat-alat ini bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak masyarakat, maka secara otomatis ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Kesejahteraan akan meningkat dengan terciptanya lapangan kerja dan sekaligus jumlah pengangguran akan berkurang," ujarnya.

Gelar  TTG   diikuti  10 kabupaten/kota dan sejumlah perguruan tinggi. Diantaranya, Institut Teknologi Kalimantan ( ITK), Universitas Mulawarman (Unmul), Politeknik Samarinda dan beberapa perguruan tinggi lainnya. 

Dalam gelar TTG nanti berbagai kegiatan dilakukan yaitu pemberian secara simbolis bantuan Posyantek percontohan untuk 10 kabupaten/kota se-kaltim, lokakarya, pameran teknologi yang akan digelar di Dome Balikpapan serta melakukan widya wisata ke tempat pembuangan akhir Manggar dan Kebun Sayur Balikppan. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation