BPMSK Tambah Akreditasi Parameter Uji Laboratorium

SAMARINDA–Seiring dengan rencana pergantian dan penambahan perlengkapan laboratorium uji, maka Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Pengujian Mutu dan Standarisasi Konstruksi (BPMSK) mengusulkan penambahan akreditasi parameter uji di laboratorium.
“Dalam waktu dekat kita akan menambah peralatan laboratorium yang baru dan sudah disetujui dalam proses lelang. Kami telah mengusulkan agar akreditasi segera ditambah terutama yang berkaitan dengan parameter uji air,” kata Kepala UPTB BPMSK Kaltim Tanto Kusnaeri.
Diakuinya, saat ini parameter uji air sudah terakreditasi namun perlu penambahan akreditasi. Sehingga, kegiatan uji laboratorium parameter air lebih berkualitas dan lengkap terrutama dalam memenuhi tuntutan pengguna jasa.
Secara keseluruhan dari kapasitas uji laboratorium yang dimiliki UPTB BPMSK sebanyak 13 akrediatsi meliputi laboratorium uji air yang melayani jasa pengujian, penelitian dan pengembangan mutu air beton, badan air serta air limbah dan lainnya.
Laboratorium mekanika tanah dan batuan  untuk pengujian CBR lapangan dan laboratorium. Diantaranya, parameter pengujian kadar air, berat jenis, atterberg limit, analisa saringan serta job mixed design.
Termasuk laboratorium bahan bangunan untuk pengujian beton dan aspal. Diantaranya untuk parameter pengujian kuat tekan beton (compressive strength), berat jenis aspal serta job mixed design.
“Laboratorium yang dimiliki UPTB BPMSK ini melayani jasa pengujian dengan sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya yang didukung peralatan terbaru. Sehingga, penambahan paralatan harus diikuti dengan penambahan akreditasi dengan SDM yang tersertifikasi,” ungkap Tanto. (yans/hmsprov)  

/// Tanto Kusnaeri bersama teknisi di laboratorium UPTB BPMSK. (masdiansyah/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait