BPPD Kaltim Resmi Dilantik

Bantu Promosikan potensi wisata

 

SAMARINDA - Kepengurusan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kaltim telah resmi dilantik. Pelantikan dilakukan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim HM Aswin. Badan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan citra kepariwisataan dan mempromosikan potensi wisata daerah. 

HM Aswin mewakili Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  mengatakan, badan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah meningkatkan citra kepariwisataan serta meningkatkan promosi kunjungan wisatawan mancanegera hingga berdampak pada meningkatnya penerimaan devisa dari sektor pariwisata.

"Kedudukan dan peran BPPD Kaltim sangat penting, apalagi sektor kebudayaan dan pariwisata di Kaltim akan terus dikembangkan, karena Kaltim memiliki banyak potensi peningggalan sejarah, keanekaragaman adat-istiadat dan budaya masyarakat," kata Aswin usai melantik pengurus BPPD Kaltim, Kamis (29/1) di Ruang Serba Guna Kantor Pemprov Kaltim.

Ditambahkan, Pemprov Kaltim menyadari kekayaan sumber daya alam (SDA) lambat laun akan berkurang dan suatu saat akan habis. Karena itu, pembangunan sektor kepariwisataan perlu dukungan sistematis, terencana dan terpadu serta berkelanjutan. Hal itu perlu dilakukan dengan tujuan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai seni dan adat istiadat.

"Untuk itu, berbagai kendala dan hambatan, baik menyangkut infrastruktur, khususnya sarana dan prasarana penunjang harus segera diatasi,  melalui program dan kegiatan yang dilaksanakan secara sinergis antara pemerintah, swasta maupun dekungan dari BPPD," paparnya.

Dikatakan, melalui Visi Kaltim Maju 2018, sektor kebuyadaan dan pariwisata dikembangkan dan diarahkan pada pengeloaan kekayaan budaya dan sejarah serta pengembangan potensi  pariwisata sebagai sumber divisa.

"Melalui tahun kunjungan wisata (Visit Kaltim Years 2015) kunjungan wisatawan akan terus kita tingkatkan dengan kesiapan obyek wisata, pengelolaan usaha jasa, sarana dan prasarana pariwisata serta penunjang lainnya," kata Aswin.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kaltim Yusi Ananda Rusli  menjelaskan, BPPD Kaltim siap  mengemban amanat dengan berusaha meningkatkan citra kepariwisataann dan meningkatkan promosi wisata Kaltim.

"BPPD memegang peran penting dalam menyampaikan informasi melalui promosi secara luas terkait dengan potensi wisata di Kaltim," kata Yusi Ananda.    

Kepengurusan BPPD  Kaltim  diketuai Yusi Ananda Rusli (Ketua PHRI Kaltim), Wakil Ketua Eddy Yususf Assaniar (Ketua ASITA) Kaltim), Sekreritaris HM Zulkifli (PHRI Kaltim) beranggotakan  sembilan  orang  dengan latar belakang perwakilan dan asosiasi kepariwisataan. (mar/sul/es/hmsprov).

//Foto: HM Aswin saat melantik Pengurus BPPD Kaltim. (syaiful/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait