BPS Terus Tingkatkan Kerjasama dengan Pemerintah

Hari Statistik Nasional 26 September di Kaltim

SAMARINDA-Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim terus berupaya meningkatkan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah demi pelayanan publik yang baik terhadap masyarakat, khususnya dalam hal penyampaian informasi perkembangan pembangunan di daerah.

Informasi yang dimaksud adalah bagaimana mensosialisasikan statistik kepada masyarakat maupun stakeholder. Contohnya, berbagai seminar tentang statistik pembangunan di daerah dengan mengundang sejumlah instansi pemerintahan di lingkungan Pemprov Kaltim.

“Kerjasama dengan Pemprov Kaltim selama ini sudah sangat bagus. Bahkan, sejak 2014 Pemprov Kaltim menetapkan komitmen one data one map. Selain Kaltim, kami juga melakukan kerjasama dengan Pemprov Kaltara dan sejumlah Pemkab/Pemkot se- Kaltim,” kata Kepala BPS Kaltim Aden Gultom usai upacara memperingati Hari Statistik Nasional di halaman Kantor BPS Kaltim Jalan Kemakmuran Samarinda, Jumat (26/9).

Pengolahan data akhirnya dilakukan oleh Bappeda Kaltim. Tetapi, sumber data bisa diterima melalui satuan kerja perangkat daerah maupun BPS.  Selain itu, selama ini di internal BPS telah melaksanakan reformasi birokrasi dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai.

“Kami lakukan sejak 2010 lalu. Hal ini dapat dibuktikan bahwa tidak ada pegawai BPS Kaltim yang masuk kantor di atas pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00. Kami juga menggunakan absensi online dan setiap ruang menggunakan CCTV sehingga tidak ada lagi pegawai yang meninggalkan ruang kerja kecuali ada tugas dari pimpinan,” jelasnya.

Dalam peringatan Hari Statistik Nasional, secara nasional BPS Pusat telah menginstruksikan agar BPS di masing-masing daerah terus menyampaikan informasi statistik kepada masyarakat maupun stakeholder.

BPS juga melaksanakan sejumlah kegiatan yang digelar sejak Agustus 2014. Antara lain pertandingan futsal antar BPS se-Kaltim, tenis meja, tenis lapangan, jalan santai keluarga, lomba anak-anak serta seminar. 

“Pertandingan dimaksud bukan untuk mencari juara tetapi lebih pada upaya memasyarakatkan statistik. Termasuk lomba untuk anak-anak dengan tujuan agar sejak dini anak-anak dapat mengetahui manfaat statistik,” jelasnya.

Upacara juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan Anugerah Satya Lancana Karya Satya oleh Presiden SBY kepada pegawai BPS dari masa kerja 10 hingga 30 tahun dan penghargaan koordinator statistik kecamatan berprestasi dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional di Kaltim. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation