BPSDM Gelar Workshop Pemanfaatan Teknologi Informasi

Workshop Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Pelayan Publik Profesional (agna/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim menggelar Workshop Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Pelayan Publik Profesional di Swiss-belhotel Balikpapan, Selasa (24 /09/2019).

Acara yang mengangkat tema "Pentingnya Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Dalam Menghadapi Tantangan Global Revolusi Industri 4.0" ini dibuka oleh Plt Kepala BPSDM HM Aswin mewakili Gubernur Kaltim. 

Aswin menyampaikan dunia saat ini telah memasuki era revolusi industri yang keempat atau Industri 4.0. Era ini fitandai dengan penggunaan mesin-mesin otomasi yang terintegrasi dengan jaringan internet (internet of things).

"Workshop ini dilaksanakan untuk pemanfaatan teknologi informasi oleh ASN Provinsi Kaltim. Agar pelayanan masyarakat dilakukan secara profesional, cepat dan tanggap. Sebab di era teknologi informasi yang pesat ini, kecepatan merupakan suatu hal yang sangat penting," kata Aswin. 

Sebagai contoh, lanjut dia, seharusnya ASN tidak ada yang menghabiskan waktu berhari-hari untuk membuat surat pertanggungjawaban (SPJ), atau untuk memeriksa surat atau berkas-berkas yang menumpuk. Karena semua bisa disederhanakan melalui penggunaan teknologi informasi yang baik.

Selain itu, diharapkan seluruh ASN dalam memanfaatkan media sosial harus seefektif mungkin sehingga informasi yg diperoleh jelas dan transparan. 

Karena itu, setiap ASN harus melek teknologi dan selalu mengikuti perkembangan yang terjadi sehingga dapat diaplikasikan dalam kegiatan kerjanya sehari-hari.

"Bagi seluruh kantor perangkat daerah ada dua yg dapat dilaksanakan mengenai teknologi informasi dalam bentuk pelayanan publik yaitu otomasi dan digitalisasi," ujarnya.

Dijelaskan Aswin,  otomasi untuk memudahkan dan mempercepat layanan. Sedangkan digitalisasi utk memindahkan barang, menyampaikan informasi secara digital sehingga jejak digital pekerjaan akan diketahui.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari STMIK Wicida Samarinda Tommy Bustomi dan diikuti ASN dari perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim. 

Tampak hadir, Kepala Biro Umum Setdaprov Kaltim S Adiyat, Kepala Biro Kesra Elto, Kepala Balitbangda Eddy Kuswadi dan Kepala Badan Penghubung Kaltim Jakarta M Rozali. (agna/her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait