BPSDM Tingkatkan Kemampuan Camat

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia ( BPSDM) Provinsi Kaltim HM Aswin  mengatakan  pengembangan kompetensi  camat merupakan  program prioritas  Kementerian Dalam Negeri, sesuai surat Mendagri  tanggal  4 Oktober  2017 terkait  pengembangan kompetensi ASN melalui BPSDM Kaltim.

Maksud dan tujuannya diadakan pengembangan kompetensi ini, lanjut Aswin adalah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para camat yang berperan sebagai mediator motivator dan fasilitator pemerintah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Selain itu, camat juga bisa menjadi  fasilitasi di zaman  ini agar mampu menggerakkan dan memberdayakan masyarakat dalam tatanan normal baru yang produktif dan aman Covid-19 membangkitkan kehidupan ekonomi dan bisnis," papar Aswin saat membuka Webinar Kompetensi Camat yang dilaksanakan secara virtual  di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (24/6/2020).

Aswin  juga  mengharapkan melalui virtual pengembangan kompetensi ini, para camat  dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pelaksanaan pemerintah yang terdepan, sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera.

"Pemerintah kecamatan merupakan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dalam pelayanan terhadap masyarakat, karena camat sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan," tandasnya.

Melalui virtual  kompetensi camat ini, Aswin juga mengharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan  para camat dalam pengabdian  yang berorientasi pada pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

“Diharapkan nantinya  kompetensi para camat  dapat  meningkat  dan akan melahirkan inovasi-inovasi baru pada strategis persiapan tatanan normal baru  di sektor ekonomi di lingkup kecamatan," papar Aswin.

Usai pembukaan kemudian dilanjutkan paparan materi yang disampaikan nara sumber Guru Besar Unmul Prof Dr Hj Eny Rochaida  dengan materi Strategi Pemulihan Ekonomi di Era New Normal. 

Narasumber lainnya Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kaltim HM Jauhar Efendi dengan materi  Tugas dan Peran Camat di Era Pandemi Covid-19.  Acara dipandu Viko Januardhy,  Widyaiswara BPSDM Kaltim  dihadiri seluruh camat se-Kaltim. (mar/sul/humasprov Kaltim)

Berita Terkait