BSB dan Mahkota II Samarinda


SAMARINDA – Kalau tidak aral melintang, maka dua proyek infrstruktur besar di Kaltim akan diresmikan bertepatan hari ulang tahun (HUT) Provinsi Kaltim pada 9 Januari mendatang.
Kedua proyek infratsruktur tersebut berada di ibukota Benua Etam yakni Bandar Samarinda Baru (BSB) dan Jembatan Mahakam Kota (Mahkota) II.
Rencana peresmian dua proyek infrastruktur Kaltim di Kota Tepian itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP saat penyerahan pengelolaan BSB di Kementerian Perhubungan Jakarta, pekan lalu.
Menurut dia, pembangunan jembatan Mahkota II yang motong Sungai Mahakam dan menghubungkan  Kelurahan Sungai Kapih Kecamatan Sambutan dengan Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran telah rampung pembangunnya.

Disebutkannya, setelah memakan waktu 15 tahun pembangunnya maka Jembatan Mahkota II telah tersambung sisi tengah jembatan pada Juni lalu.
Tersambungnya sisi tengah Jembatan Mahkota II itu  menurut dia, menandai telah rampungnya pembangunan jembatan di jantung ibukota Provinsi Kaltim.
Sementara itu, penyerahan aset BSB kepada Kementerian Perhubungan menandakan penyelesaian pembangunan ibfrastruktur dan fasilitas termasuk pengelolaan bandara kebanggaan masyarakat Samarinda sepenuhnya tanggungjawab pemerintah pusat.
Diungkapkan Wagub, ada beberapa kegiatan yang masih menjadi tanggungjawab Pemprov Kaltim tetapi ditarget sudah selesai pengerjaannya hingga akhir 2016.
“Selanjutnya, tanggungjawab pusat untuk menuntaskan serta melengkapi fasilitas BSB, sehingga awal 2017 bandara tersebut sudah dapat diresmikan dan dimanfaatkan bersama Jembatan Mahkota II,” harap Mukmin Faisyal.(yans/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation