Buah Naga dan Pepaya Mini Kaltim Jadi Favorit PF2N 2014

Buah Naga dan Pepaya Mini Kaltim Jadi Favorit PF2N 2014

 

SAMARINDA – Pekan Plori dan Plora Nasional (PF2N) 2014 yang merupakan ajang nasional tahunan yang digelar Kementerian Pertanian di Makassar Sulawesi Selatan,  menjadikan Buah Naga dan Pepaya Mini Kaltim sebagai favorit pilihan pengunjung dari seluruh Indonesia.

“Komoditi berupa buah-buahan yang kita tampilkan banyak,  namun ada dua jenis buah yang favorit diserbu masyarakat yaitu Buah Naga dan Pepaya Mini,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H Ibrahim, Rabu (12/11).

Menurut dia, masyarakat datang ke stand promosi Kaltim yang menampilkan berbagai produk tanaman pangan dan hortikultura itu karena keunikan dan cita rasa nikmat yang disukai pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim menampilkan berbagai produk hortikultura unggulan yang telah dikembangkan. Diantaranya, Buah Naga, Pepaya Mini, Jeruk Keprok Borneo, Salak serta berbagai bibit buah eksotik (Lai, Durian Salisun, Ligit) serta Bunga Mawar.

Ibrahim menjelaskan Buah Naga mendapatkan perhatian besar  dari Carefour Kota Batam yang menginginkan komoditi ini walau berapapun di produksi petani saat ini terbanyak berada di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara untuk dikirim ke kota tersebut.

Dia mengakui menurut pengusaha Carefoeur Batam bahwa buah naga Kaltim memiliki keunggulan dari rasa maupun tampilan. “Penguasaha itu mengharapkan asosiasi atau Petani Buah Naga Kaltim untuk mengirimkan buahnya ke Batam,” ungkap Ibrahim.

Dia menambahkan ajang pertemuan di P2FN dan Hari Pangan Sedunia (HPS) merupakan momen yang sangat penting dan strategis bagi promosi potensi daerah. “Bukan hanya produknya tapi pelaku utama (petani) dan usaha (asosiasi) kita hadirkan langsung,” kata Ibrahim.

Pada  ajang itu para pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis terutama produk Hortikultura dari seluruh penjuru Indonesia maupun beberapa negara bertemu dan bertransaksi langsung secara mandiri maupun kelompok untuk  produk yang dihasilkan.

Berbagai kegiatan yang digelar yakni pameran, jambore varietas, bursa, aneka lomba, kursus, workshop, seminar, talkshow, perijinan terpadu, kontak bisnis, temu investasi, agrowisata, pawai kendaraan hias dan dimeriahkan kesenian tradisional.(yans/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Kaltim terus mengembangkan pertanian buah naga. Nampak Gubernur Dr H Awang Faroek Ishak bersama Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun berbincang dengan pedagang buah naga beberapa waktu lalu.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation