Buah Naga Kaltim Sangat Potensial

Buah Naga Kaltim Sangat Potensial

  SAMARINDA-Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim  mengatakan, prospek pengembangan buah naga (dragon fruit) di Kaltim sangat menjanjikan.

"Buah naga asal Kaltim teryata sudah dilirik pasar di Jawa khususnya Surabaya dan Jakarta. Sekarang ini para petani terus meningkatkan budidaya buah tersebut," kata  Ibrahim, Rabu (26/3).  

Melihat prospek buah naga yang sangat cerah tersebut, Pemprov Kaltim melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan tidak tinggal diam. Diantaranya dengan  merencanakan penyediaan pabrik sebagai industri pengolahan produk buah naga, termasuk menyiapkan pengemasannya yang baik.

Menurut Ibrahim, buah naga bisa dikembangkan menjadi produk bernilai tambah seperti selai, kerupuk dan berbagai jenis kue. Peningkatan nilai tambah ini juga akan menambah penghasilan petani dan masyarakat lainnya.

Saat ini Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim juga terus  mendorong pengembangan buah naga dengan memfasilitasi penyusunan standard operating procedure (SOP) buah naga di Kutai Kartanegara agar dapat menjadi panduan budidaya bagi para petani, sehingga produk yang dihasilkan bermutu tinggi dengan produktivitas yang optimal.

Penyusunan SOP ini diharapkan dapat mendorong daerah sentra produksi buah naga red/super red untuk dapat mengembangkan sesuai dengan kondisi daerah masing–masing. Kawasan lain yang merupakan pengembangan buah naga (hylocereus costaricenc) adalah Kutai Barat yang sudah ditanam di atas lahan satu hektare sebanyak 1.600 pohon sejak 2007. Lokasinya  di Pusat Percontohan Pengembangan Agribisnis (P3A) Kampung Empas, Kecamatan Melak.

Tanaman buah naga berjenis merah ini satu pohonnya bisa berbuah mencapai 8 sampai dengan 10 buah. Untuk diketahui buah naga berwarna merah memiliki banyak khasiat untuk menguatkan fungsi ginjal, tulang dan kecerdasan otak serta meningkatkan ketajaman mata disamping sebagai pencegah kanker usus, menguraikan kolesterol, keputihan dan sebagai perawatan kecantikan.  Buah naga juga semakin mudah dicari karena banyak dijual di sepanjang jalan poros utama, baik antara Balikpapan Samarinda, maupun dari Samarinda menuju Bontang. Di pasar tradisional dan pasar modern pun buah ini pun tidak sulit ditemukan. (sar/sul/es/hmsprov)

 

////FOTO : Buah naga Kaltim sangat diminati oleh industri pengolahan buah naga di Surabaya dan Jakarta. Petani Kaltim pun semakin bersemangat menanam buah potensial ini.  (dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation