Bubuhan Banjar Ikut Bangun Daerah

KBBKT Gelar Aruh Ganal

SAMARINDA–Dalam  upaya meningkatkan hubungan dan komunikasi antar sesama warga Banjar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, maka Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim (KBBKT) menggelar “Aruh Ganal” silaturahmi dan halal bihalal akbar warga Banjar

Perhelatan akbar yang dihadiri para tokoh dan ribuan warga Banjar dari Kaltim, Kaltara, Kalsel serta provinsi lain di nusantara yang memenuhi GOR Segiri Samarinda, Gubernur Awang Faroek Ishak mengharapkan agar warga Banjar terus berperan dalam membangun daerah.

Gubernur mengakui keterlibatan warga pendatang dan menjadi etnis asli Kaltim termasuk Kaltara ini ikut terlibat dalam memajukan daerah. “Kemajuan dan kesejahteraan tidak mungkin terwujud tanpa keterlibatan warga Banjar,” ujar Awang Faroek Ishak, Minggu (21/9).

Awang mengungkapkan sejarah telah mencatat Urang Banjar di Kaltim maupun Kaltara telah memberikan andil yang sangat besar terhadap pembangunan yang dibuktikan dengan tampilnya tokoh-tokoh Banjar menjadi pemimpin.

Diantaranya, Kaltim pernah dipimpin tokoh Urang Banjar yakni Abdul Wahab Sjahranie dan HM Ardans selaku Gubernur Kaltim serta Kadrie Oening selaku perintis pembangunan Kota Samarinda. “Saat ini Irianto Lambrie dipercaya memimpin Kaltara,” ujar gubernur.

Dia menyebutkan saat ini Pemprov Kaltim telah mengagendakan berbagai program prioritas pembangunan guna meningkatkan kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat. “Kami bertekad pembangunan infrastruktur dasar rakyat harus terpenuhi,” katanya.

Selain itu, kualitas sumber daya manusia (SDM) Kaltim harus memiliki daya saing tinggi didukung ketersediaan sumber daya alam yang besar. Tentunya lanjut Awang, kondisi dan potensi daerah sangat besar untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat.

Pembangunan peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing melalui sektor pendidikan dan kesehatan terus diwujudkan. “Bubuhan Banjar wajib  ikut meningkatkan derajat dan mutu pendidikan di Kaltim yang terlihat dari peningkatan IPM kita,” harap Awang Faroek.

Ke depan, Awang Faroek Ishak berharap tidak ada warga Kaltim dan Kaltara yang miskin dan menganggur. “Caranya silakan manfaatkan kredit usaha yang disediakan di BPD Bankaltim sebesar Rp1,1 triliun. Sudah tersalurkan sebesar Rp600 miliar,” sebutnya.

 “Kami telah bertekad Kaltim ini termasuk Kaltara tidak kalah dengan provinsi-provinsi lain di Pulau Jawa dan Sumatera. Memiliki SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi didukung ketersediaan infrastruktur berkualitas dan pertumbuhan ekonomi tinggi pula,” ungkap Awang.

Sementara itu Ketua Umum KBBKT yang juga Pj Gubernur Kaltara H Irianto Lambrie mengatakan urang Banjar senantiasa terus meningkatkan semangat persatuan, solidaritas dan kebersamaan di dalam lingkungan pergaulan di dalam masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Gubernur Awang Faroek Ishak termasuk para kepala daerah di Kaltim dan Kaltara yang memberikan perhatian besar dan dukungan untuk kemajuan dan kesejahteraan warga kami,” ujar Irianto Lambrie.

Aruh Ganal warga bubuhan Banjar Kaltim dan Kaltara ini dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudi Arifin, beberapa kepala daerah dari di Kalsel serta bupati dan walikota di Kaltim dan Kaltara.

Tema silaturahim dan halal bihalal KBBKT yakni "Ma’amalakan nilai-nilai luhur, adat istiadat budaya Urang Banjar bauntung dan batuah. Kayuh baimbai, gawi menuntung membangun Banua Kaltim untuk semua.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Awang Faroek Ishak didampingi Gubernur Kalsel Rudi Arifin dan Pj Gubernur Kaltara H Irianto Lambrie melakukan penandatangan prasasti tanda peresmian gedung Sekretariat KBBKT Samarinda. (yans/sul/hmsprov)

 

//Foto: ANDIL BESAR. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berangkulan dengan Gubernur Kalsel H Rudi Arifin (kanan) disaksikan Ketua Umum KBB Kaltim yang juga Pj Gubernur Kaltara H Irianto Lambrie. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation