Budaya Sehat Harus Dilaksanakan Sejak Dini

Rakerda UKS se-Kaltim XVI 2014

 

SAMARINDA - Berbagai kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) harus diaktifkan di sekolah.  Dengan demikian, sekolah dapat mengajarkan budaya sehat sejak dini. Mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Budaya sehat merupakan salah satu bagian dari upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim yang dilakukan melalui program Dinas Pendidikan Kaltim. 

“Ada tiga prioritas utama yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan yang sehat. Tiga hal ini diharapkan dapat diterapkan di sekolah, untuk mewujudkan agar budaya sehat dapat dimulai sejak dini,” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim H Bere Ali usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) UKS se-Kaltim di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (27/11).  

Bere Ali berharap budaya sehat ini sudah dimulai sejak taman kanak-kanak hingga SMA/SMK. Sebab, untuk meningkatkan SDM berkualitas, harus disiapkan sumber daya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan dan kondisi fisik serta rohani yang sehat.

Hal ini penting dilakukan, karena jika hanya diberikan teori, maka tentu tidak akan efektif. Karena itu, perlu adanya program jangka panjang dengan membangun budaya kepada anak didik di sekolah, sehingga mereka mampu menjadi penerus bangsa yang berkualitas. “Jadi, budaya sehat itu harus dimulai sejak dini," tegasnya.

Melalui Rakerda UKS se-Kaltim, diharapkan dapat mengevaluasi apa saja yang menjadi kekurangan dalam penyelenggaraan program UKS di masing-masing sekolah. Memang, masing-masing sekolah sudah memiliki UKS, tetapi masih banyak yang belum menjadikan hal itu sebagai program utama di sekolah.

Diharapkan, setelah Rakerda ini, sekolah dapat memperkuat manajemen penyelenggaraan program UKS  sehingga anak-anak memahami pentingnya budaya sehat itu.

“Sehat itu bukan hanya dilihat dari sisi fisik dan rohani saja, tetapi juga lingkungan. Karena itu, budaya ini sangat penting diajarkan sejak dini,” imbaunya. (jay/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Kegiatan pemeriksaan kesehatan anak didik di salah satu Sekolah Dasar di Samarinda.(ist)

 

Berita Terkait