Buka Diklatpim III, Rusmadi : Pegawai Jangan Sekedar Bekerja

Sekprov Rusmadi didampingi Yadi Robyan Noor dan Thomas Higang mengalungkan tanda peserta Diklatpim III. (masdiansyah/humasprov)

 

SAMARINDA – Kondisi sosial dan tuntutan rakyat semakin komplek menjadi tantangan tersendiri bagi aparatur sipil negara (ASN) dalam kinerja sebagai abdi negara dan masyarakat. Karenanya, diperlukan aparatur yang mampu bekerja dan melakukan terobosan serta inovasi dalam percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

 

Harapan itu diungkapkan Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) III Angkatan I Pemkab Mahakam Ulu di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim, Selasa (13/6).

 

Menurut dia, pegawai sebagai aparatur negara dalam bekerja tidak hanya sekedar menjalankan kewajiban tetapi mampu menunjukkan kapasitas dan kualitas kerjanya. “Pegawai melaksanakan tugas tidak sekedar bekerja atau jatuh kewajiban. Tetapi dia harus mampu berinovasi dan melakukan terobosan dengan target-target terukur,” kata Rusmadi.

 

Dia juga menjelaskan Diklatpim saat ini lebih mengedepankan bagaimana para administrator memiliki kemampuan leadership yang baik, berintegritas serta bermartabat. “Abdi negara terlebih abdi rakyat letaknya pada ketulusan dan keikhlasan untuk memberikan pengabdian terbaik. Saya yakin peserta Diklatpim dari Mahulu ini memiliki semangat dan kinerja kuat untuk perubahan bagi Kaltim yang lebih baik,” ungkapnya.

 

Sementara itu Asisten Administrasi Umum Setkab Mahulu Thomas Higang mengatakan Diklatpim III angkatan I untuk Kabupaten Mahulu diikuti 26 PNS dari delapan instansi. “Diklatpim sekarang ini sudah berubah. Kita berharap kemampuan manajerial pejabat eselon meningkat, sehingga mampu melakukan terobosan serta inovasi di instansi masing-masing untuk kemajuan daerah dan masyarakat,” harap Thomas Higang. 

 

Diklatpim III dilaksanakan selama 98 hari kerjasama BPSDM Kaltim dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Mahakam Ulu. Hadir  Kepala BPSDM Kaltim HM Yadi Robyan Noor serta Ketua Tim Penjamin Mutu Diklat Kaltim Profesor Sarosa Hamong Pranoto. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait