Buka Fesma XIX, Pemprov Harap Jadi Gerbang Destinasi Wisata


SAMARINDA - Festival Mahakam (Fesma) XIX resmi dibuka Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor  diwakili Kadis Pariwisata Sri Wahyuni, di Amphiteater Tepian Mahakam, Jalan Gajah Mada Samarinda, Jumat (1/11/2019) malam.

Fesma dipusatkan di Tepian Mahakam Samarinda, Jalan Gajah Mada sejak 1-3 November 2019.

Menurut Sri Wahyuni, Fesma merupakan salah satu calendar of event (CoE) pariwisata nasional dari Provinsi Kaltim untuk Indonesia. Event ini buka hanya sebagai ruang aktulisasi seni budaya daerah. Juga pintu masuk bagi pengunjung ke destinasi wisata lainnya. 

"Kita harapkan event ini menjadi pintu gerbang bagi pengunjung untuk mengetahui destinasi wisata di Kota Tepian," kata Sri Wahyuni.

Artinya, melalui event ini bukan hanya Festival Mahakam yang dikunjungi wisatawan, tetapi obyek-obyek wisata lainnya yang ada di Ibu Kota Provinsi Kaltim. Misal, makan malam di wisata kuliner nasi kuning Lambung Mangkurat.

Bagi Sri, nama besar Mahakam telah melekat dengan Samarinda. Terlebih festival ini sudah terlaksana hingga 19 tahun. 

Kedepan, sebagai bagian dari kawasan ibu kota negara (IKN), diharapkan ada kajian yang mengulas tentang sejarah dan keagungan Sungai Mahakam bagi masyarakat Kaltim. 

"Arti dan makna serta nama besar Sungai Mahakam ini patut diketahui sebagai aset alam di IKN Kaltim," ujarnya. 

Selain itu, melalui event rutin tahunan ini dapat dikembangkan potensi investasi pariwisata. "Setelah memiliki Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah

(Ripparda), Samarainda perlu membuat turunannya. Berupa rencana detail kawasan strategis yang memuat bisnis model bagi investasi pariwisata," tegasnya. 

Karena itu, tahun depan Pemprov Kaltim secara khusus akan melaksanakan kegiatan promosi investasi pariwisata di Kaltim sebagai kawasan IKN baru.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait