Buka Festival Pemuda Kreatif Kaltim 2018, Meiliana : Pemuda Harus Kreatif

Hj Meiliana menabuh genderang tanda dibukanya Festival Pemuda Kreatif 2018. (seno/humasprov)

SAMARINDA - Pemuda harus memiliki semangat dan jiwa kreatif agar terbangun wirausaha-wirausaha muda yang tangguh, mandiri dan unggul.

Hal itu ditegaskan Pj Sekretaris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat menghadiri sekaligus membuka Festival Pemuda Kreatif di halaman parkir Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda Minggu (28/10).

Menurut dia, para pemuda saat ini sudah cukup kreatif namun tetap memerlukan dukungan dan perhatian pemerintah serta pemangku kepentingan. "Saya apresiasi Dispora dan semua yang tetlibat pada festival ini. Kreatifitas pemuda kita sudah tinggi dan mereka mampu berwirausaha," katanya. 

Dirinya berharap Dispora bersama instansi terkait dan swasta rutin menggelar kegiatan yang melibatkan para pemuda, tidak hanya dalam momen tertentu seperti Hari Sumpah Pemuda. "Pemuda kita sudah mandiri dan terampil. Hanya tinggal bagaimana kita memberdayakan dan memfasilitasi mereka," ungkap Meiliana. 

Festival yang digelar Dispora Kaltim dilaksanakan selama dua hari (28-29 Oktober) sekaligus bertepatan dengan rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 mengambil tema "Sumpah Pemuda Bangun Pemuda Satukan Indonesia" diikuti ratusan peserta dengan menggelar stan pameran melalui Gelar Produk Wisausaha Pemuda.

Festival diikuti beberapa perguruan tinggi, komunitas dan organisasi kepemudaan diantaranya ISBI Kaltim, UWGM Samarinda, Unmul Samarinda dan UMKT, Polnes Pertanian,  STMIK Wicida Samarinda, Bubuhan Musang Samarinda (Bungas) dan Nasyiatul Aisyiyah Samarinda serta UPTD SMKN  Pelayaran.

Tampil pula JCI Kaltim, Pelita Bunda, Surya Phone Samarinda, Forum Kewirausahaan Pemuda Kaltim, Sekata Foundation, Gerakan Anak Bangsa (Gerbang) Kaltim dan Muda Mengajar Samarinda. Kegiatan dirangkai dengan atraksi olahraga tradisional seperti enggrang, sepatu terompah, lompat tali, asin naga, cina boy serta atraksi tarian dari mahasiswa ISBI Kaltim. 

Hadir Ketua Dewan Pendidikan Kaltim Hj Encik Widyani, Kepala Bidang Pemuda Dispora Kaltim Hj Hardiana Muryani dan Kabag Pendidikan Kebudayaan Pemuda Olahraga Perpustakaan dan Arsip Biro Kesra Setdaprov Kaltim Muhammad Suhaedi. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation