Buka Gebyar Hardiknas Katim 2019, Meiliana Tegaskan Visi Misi Kaltim Berdaulat

Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana saat membuka Gebyar Hardiknas Kaltim 2019 (yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Gebyar Hari Pendidikan Nasional bertema Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan sangat sejalan dengan visi dan misi pembangunan Kaltim. Hal itu sesuai tertuang dalam rencana pembanguna  jangka menengah daerah (RPJMD) 2018-2023 dengan visi Berani untuk Kalimantan Timur yang Berdaulat. Hal itu ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Hj Meiliana saat membuka Gebyar Hardiknas Kaltim 2019 yang digelar di Halaman Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kaltim Jalan HAM Rifadin Samarinda Seberang, Sabtu (21/4/2019).

Dengan misi utama, lanjut Meiliana, berdaulat dalam pendidikan untuk pembangunan SDM yang berakhlak mulia dan berdaya saing bagi perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas. "Merealisasikan visi dan misi itu akan dilakukan reformasi pendidikan dengan cara inovatif agar menghasilkan beragam inovasi yang berdaya saing. Begitu pula reformasi di bidang kebudayaan. Kedepan Benua Etam memiliki masyarakat yang cerdas dan berbudaya dengan akhlak mulia," papar Meiliana.

Sementara Panitia penyelenggara Rita Zahrah mengatakan Gebyar Hardiknas Kaltim 2019 dimeriahkan dengan pameran pendidikan terdiri 14 stan, lomba marching band SD dan SMP diikuti 33 sekolah, lomba tari tradisional jenjang SD (21 tim), lomba baca puisi untuk siswa SD (50 peserta).

Selain itu, lomba baca puisi untuk guru (90 peserta), lomba mading bahasa sastra siswa SMA (15 tim), lomba pidato siswa SMP sebanyak (45 siswa), lomba berbahasa dan bersastra siswa SMP (15 tim), lomba berbahasa dan bersastra siswa SMA (15 tim). "Juga lomba mewarnai tingkat TK diikuti 25 siswa, lomba menggambar jenjang SD 50 siswa, lomba fotografi jenjang SLTA 20 siswa, lomba tari kreasi PAUD 10 tim dan pemutaran film pendidikan," sebut Rita.

Pembukaan Gebyar Hardiknas Kaltim ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita oleh Meiliana. Dalam kesempatan itu Plt Sekprov Kaltim melakukan peninjauan ke stan pameran buku di gedung LPMP Kaltim.(mar/yan/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait