Buka Puasa Bersama LBAK Kaltim, Gubernur : Warga Kutai Itu Harmonis dan Toleran

Gubernur Awang Faroek Ishak saat buka puasa bersama jajaran LBAK Kaltim. (syaiful/humasprov kaltim)

 

Buka Puasa Bersama LBAK Kaltim, Gubernur : Warga Kutai Itu Harmonis dan Toleran

 

SAMARINDA – Kutai merupakan salah satu etnis asli Kaltim yang memiliki adat dan budaya sangat tinggi. Karenanya, warga Kutai di dalam maupun luar Kaltim harus mampu menunjukkan jati diri yang selalu menghormati dan menghargai suku/etnis lain termasuk warga pendatang.

 

Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada silaturahim dan buka puasa DPP Lembaga Budaya Adat Kutai (LBAK) Kaltim di Pendopo Lamin Etam, Selasa (20/6). Menurut dia, budaya dan adat Kutai mengajarkan tentang keluhuran dan budi pekerti agar kehidupan lebih baik tidak saja kepada sesama manusia tetapi alam dan lingkungan. “Itulah warga Kutai harus menjaga keharmonisan sesama masyarakat maupun alam dan lingkungan,” kata Awang Faroek.

Terlebih lagi lanjutnya, Kutai sejak lama dikenal hingga berbagai negara karena potensi daerah baik kekayaan sumber daya alam maupun budaya dan adatnya. Potensi yang dimiliki ujarnya, harus mampu memberikan makna tersendiri bagi kebaikan dan kemajuan daerah serta masyarakat Kaltim.

 

Awang mengakui pembangunan yang dilaksanakan pasti ada kendala dan permasalahan namun berkat dukungan dan keterlibatan masyarakat maka pembangunan dapat berjalan baik. “Saya bersyukur berkat dukungan seluruh masyarakat Kaltim tidak terkecuali warga Kutai, sehingga pembangunan terus berjalan sesuai target-target yang ditetapkan,” ungkapnya.

 

Selain itu, warga Kutai harus mampu menjalin hubungan yang sinergi dengan paguyuban etnis di Kaltim. Diantaranya, Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim (KBBKT), Persatuan Dayak Kaltim (PDKT), Ikatan Paguyuban Keluarga Tana Jawi (Ika Pakarti), Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) maupun peguyuban warga Buton dan etnis lainnya.

 

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat DPP LBAK Kaltim H Hermain Okol mengatakan jajaran LBAK telah berkomitmen mendukung berbagai program pembangunan di daerah. “Sejak awal kami bersama seluruh jajaran LBAK bertekad mendukung pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah demi kemajuan Kaltim,” ujar Hermain Okol.

 

Buka puasa bersama diisi tausiyah yang disampaikan Imam Besar Masjid Baiturahman Islamic Centre Kaltim. Tampak hadir Sekprov Kaltim H Rusmadi dan jajaran Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pimpinan OPD lingkungan Pemprov Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation