Buka Rakor Persiapan Penyelenggaraan Fornas ke-V, Sa'bani Berharap Even Nasional Persiapannya Harus Matang


SAMARINDA - Provinsi Kalimantan Timur menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) yang ke-V tahun 2019 pada 15-18 November. Guna menyukseskan penyelengggaraannya, berbagai persiapan terus dilakukan melalui rapat koordinasi kepanitiaan.

Plt Sekprov Kaltim Muhammad Sa'bani mengharapkan panitia penyelenggara harus mempersiapkan dan selalu berkoordinasi untuk persiapan fasilitas/sarana olahraga maupun konsumsi, akomodasi dan sarana transportasi.

"Pesertanya 15 ribu orang dari 34 provinsi se Indonesia. Maka transportasinya harus diperhatikan. Sebab peserta tidak semua melalui Bandara APT Pranoto Samarinda, tetapi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Jangan sampai ada komplain dari peserta," pesan Sa'bani didampingi Kadispora Kaltim M Syirajudin saat membuka rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Fornas ke-V di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (20/6/2019).

Selain itu, perangkat daerah yang masuk kepanitiaan harus melengkapi personil yang akan dilibatkan. Agar mereka sudah bisa bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawab. Karena terkait aktivitas yang dilakukan dilapangan, seperti penyelenggaraan bazar dan pameran.

"Guna memperlancar kegiatan harus dibentuk seksi-seksi pada bidang masing-masing sebelum diplenokan ditingkat kepanitiaan secara keseluruhan. Keterlibatan perangkat daerah harus diperkecil. Keterlibatan apa saja dan bertangggungjawab dimana, sehingga bisa melaksanakan perannya secara maksimal," tandasnya.

Dalam even nasional itu, Sa'bani mengharapkan usaha kecil menengah (UKM) di Kaltim bisa ikut berpatisipasi. Karena momen ini kesempatan mempromosikan produk unggulan para pelaku UKM lokal.

"Pelaku UKM berperan aktif menyukseskan Fornas ke-V mempromosikan produk unggulan termasuk potensi kuliner. Ini kesempatan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan belajar dari even-even yang telah dilaksanakan secara nasional. Tinggal dievaluasi. Dimana kelemahan yang harus di perbaiki," papar Sa'bani.

Tidak kalah pentingnya adalah sumber daya manusianya (SDM). Karena penyelenggaraan nanti ada 54 cabang olahraga (cabor). Maka harus dipersiapkan SDM yang mengerti pada cabor tanggungjawabnya.

"Tolong jangan dianggap remeh. Karena kita ingin menjadi tuan rumah yang baik. SDM harus betul-betul dipersiapkan. Jangan sampai ada komplain yang berlebihan dari kontingen peserta. Termasuk petugas kebersihan, sehingga masalah sampah bisa atasi," harap Sa'bani.

Tampak hadir Kadispora Kota Samarinda, Ketua Formi Kaltim, kepala perangkat daerah dan kepala biro perwakilan perangkat daerah dilingkup Pemprov Kaltim dan Kota Samarinda.(mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait