Buka Rakoreg Organisasi dan Kepegawaian, Jadi Atasan Jangan Mudah Salahkan Bawahan

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor hadir dan membuka Rapat Koordinasi Regional Bidang Organisasi dan Kepegawaian se Kalimantan 2019 (jaya/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor hadir dan membuka Rapat Koordinasi Regional Bidang Organisasi dan Kepegawaian se Kalimantan 2019 di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (6/11/2019) malam.

Rakor regional kali ini mengangkat tema, "Implementasi reformasi birokrasi untuk mewujudkan pelayanan publik yang akuntabel dengan didukung organisasi perangkat daerah yang tepat fungsi dan tepat ukuran".

"Kita berharap momentum Rakor ini dapat mencapai tujuan akhir tepat fungsi dan tepat ukuran. Karena itu, diperlukan evaluasi reformasi birokrasi," kata Isran Noor.

Isran berpesan setiap pejabat atau Kepala Perangkat Daerah jangan mudah menyalahkan anak buah atau bawahan.

"Saya mohon maaf. Saya minta kepada Kepala Perangkat Daerah atau pejabat jangan mudah cepat menyalahkan bawahan atau staf. Apalagi sampai marah-marah dimuka publik. Jangan itu dilakukan. Lebih baik perbaiki jika memang ada yang salah. Berikan kepercayaan kepada bawahan atau staf," pesan Isran.

Menurut Isran, memberikan kepercayaan kepada anak buah itu lebih bagus. Perbaiki jika memang ada yang salah. Artinya, apabila kepercayaan diberikan kepada bawahan, maka bawahan akan lebih apresiasi kepada atasan atau pimpinan.

"Itu pengalaman yang saya lakukan ketika menjabat sebagai Bupati Kutai Timur," jelasnya.

Sementara Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Kaltim H Fathul Halim mengatakan Rakoreg sebagai forum untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan menyamakan persepsi dalam penataan evaluasi kelembagaan perangkat daerah dan kepegawaian.

Kegiatan diikuti dan dihadiri peserta sebanyak kurang lebih 250 orang. Terdiri unsur Asisten yang membidangi Organisasi dan Kepegawaian Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Badan yang membidangi Kepegawaian Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Biro Organisasi Provinsi, Pejabat Administrator Kepala Bagian yang membidangi organisasi provinsi dan kabupaten/kota dan Pejabat Pengawas Kepala Subbagian membidangi organisasi provinsi dan kabupaten/kota se Kalimantan.

Hadir Asisten Bidang Administrasi Umum Setprov Kaltim, Kepala Biro Organisasi Setprov Kaltim H Rozani Erawadi, sejumlah Pejabat Eselon II di Lingkup Pemprov Kaltim, Walikota Balikpapan H Rizal Effendi, Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Kemendagri Makmur Marbun dan Kepala Bagian Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Negara RI Janry Haposan UP Simanungkalit.

Rakor tahun ini dilaksanakan sejak 6-7 November 2019.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait