Buka Sosialisasi Cagar Budaya dan Permuseuman, Sa'bani Ingatkan Upaya Pelestarian Bukti Sejarah

BALIKPAPAN - Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim HM Sa'bani mewakili Gubernur Kaltim membuka Sosialisasi Kajian Cagar Budaya dan Permuseuman 1 Tahun 2019. Sosialisasi digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim dilaksanakan selama tiga hari (20 - 22 Maret) di Hotel Horison Sagita Balikpapan, Rabu (20/3/2019).

Menurut Sa'bani, cagar budaya merupakan salah satu kekayaan dan khasanah suatu daerah yang perlu dipelihara dan dilestarikan. "Kajian cagar budaya ini sangat penting. Selain mengenalkan juga upaya mengajak masyarakat melestarikan cagar budaya Kaltim," kata Sa'bani.

Sosialisasi lanjutnya, agar dipahami semua pihak sehingga cagar budaya tidak terekploitasi. Sebaliknya, tetap terjaga selalu keaslian dan kemurniannya. "Keberadaan cagar budaya sebagai saksi dan bukti sejarah yang pernah terjadi di Indonesia," ungkapnya.

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, pejabat dinas pariwisata serta pejabat kementerian pariwisata membidangi cagar budaya. Peserta sosialisasi sebanyak 40 orang terdiri para guru bidang studi sejarah di SMA/SMK/MA kabupaten dan kota se Kaltim.

Cagar Budaya yang disosialisasikan dan akan di manfaatkan yakni Bunker Jepang Sepinggan, Meriam Jepang Markoni, Tugu Australia, Tugu Sumur Minyak Mathilda, Meriam Jepang Asrama Bukit dan Rumah Panggung Dahor. (yans/her/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation