Buka Sosialisasi Kebijakan Adminduk. Wagub Minta Penyelenggaraan Pelayanan Yang Membahagiakan Rakyat

Wagub H Hadi Mulyadi membuka Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) (rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi resmi membuka Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan Pencatatan Sipil bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemprov, kabupaten dan kota se-Kaltim.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim diikuti 150 peserta. Sosialisasi yang dilaksanakan selama satu hari ini dihadiri Kasubdit Pelayanan Teknis Data Kependudukan Dirjen Dukcapil Kemendagri Juhardi.

Hadi Mulyadi mengatakan sosialisasi sangat penting dalam upaya percepatan kepemilikan dokumen kependudukan menuju penyelenggaraan Adminduk yang membahagiakan rakyat. "Melalui pelayanan yang inovatif, mudah, cepat, akurat dan gratis bagi wajib KTP di seluruh wiilayah Kaltim," kata Hadi di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (28/3/2019).

Wagub berharap seluruh OPD provinsi maupun kabupaten dan kota agar menggunakan data kependudukan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan, pelayan publik, pembangunan demokrasi dan pencegahan kriminal. "Sebab database kependudukan sudah semakin baik dan kekuatannya dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga perencanaan pembangunan yang kita laksanakan tepat sasaran," ungkap Hadi.

Sementara Kepala DKP3A Provinsi Kaltim Hj Halda Arsyad mengatakan sosialisasi untuk memberikan pemahaman dan gambaran yang utuh terkait perubahan kebijakan dalam penyelenggaraan Adminduk dan Capil. "Harapan kita para peserta dapat mensosialisasikan kepada instansi lainnya dan masyarakat sesuai kewenangan masing-masing," ujar Halda.

Selain itu, sosialisasi untuk menyamakan persepsi antara provinsi dengan kabupaten kota dalam menyikapi perubahan kebijakan penyelenggaraan kependudukan dan pencatatan sipil yang berkembang dengan sangat pesat seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi di era milenial sekarang ini.

Sosialisasi dihadiri asisten, staf/tenaga ahli gubernur, kepala biro dan pimpinan OPD yang membidangi Dukcapil kabupaten dan kota se-Kaltim. Dalam sosialisasi Wagub Hadi menyerahkan penghargaan atas penyelesaian percetakan KTP el dan surat keterangan pengganti KTP el kepada Disdukcapil kabupaten dan kota. (mar/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait