Bukber Bareng Jajaran ITM, Gubernur Isran Meminta Perusahaan Meningkatkan Kepedulian Kepada Masyarakat

Buka puasa jajaran PT ITM bersama Gubernur Kaltim dan Pemprov Kaltim (rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menghadiri silaturahmi dan buka puasa bersama Keluarga Besar PT Indo Tambangraya Megah Tbk di Ballroom Hotel Senyiur Samarinda, Rabu (29/5/2019). Buka puasa jajaran PT ITM bersama Gubernur Kaltim dan Pemprov Kaltim dihadiri vice president ITM Bramantya Putra.

Gubernur Isran Noor mengapresiasi kinerja dan perhatian ITM melalui program corporate social responsibility (CSR) kepada daerah khususnya masyarakat. "Perusahaan ini saya nilai tinggi perannya. Saat di Kutai Timur, saya ingat perusahaan ini mampu membangunkan rumah layak huni bagi rakyat 24 unit per tahun," kata Isran Noor.

Jika dibandingkan produksi batubara perusahaan besar pemegabg ijin PKP2B, ujar Isran, ada yang mencapai 54 juta metrik ton namun membangun rumah sekitar 25 unit per tahun. Selain itu, orang nomor satu Benua Etam ini menjelaskan dirinya sangat tidak setuju terkait surat Dirjen ESDM pembatasan produksi batubara kepada perusahaan memegang ijin usaha pertambangan (IUP).

Sebab ungkapnya, apabila pembatasan produksi benar-benar diberlakukan. Maka, terjadi penurunan produksi sekitar 62 juta metrik ton dan pengurangan tenaga kerja hingga 52.000 orang. "Selain angka pengangguran. Pertumbuhan ekonomi Kaltim dipastikan minus hingga 2,7 persen. Padahal, harga batubara yang mulai membaik ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita selama dua tahun terakhir ini," sebut Isran.

Gubernur sangat berharap kepedulian ITM ini diikuti perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kaltim. Sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengentaskan kemiskinan.

Sementara vice president ITM Bramantya Putra mengemukakan silaturahim dan buka puasa bersama merupakan agenda rutin tahunan setiap Ramadhan. "Silaturahim ini selain menguatkan hubungan dan kemitraan kita dengan pemerintah. Juga, bentuk kebersamaan kami dengan seluruh jajaran ITM dengan masyarakat dan pemerintah daerah," ujar Bramantya Putra.

Acara dirangkai tausiyah oleh Ustadz H Ahmad Harris dihadiri pimpinan dan manajemen anak perusahaan ITM (Indominco Mandiri, BEK, Kitadin, GEM, TCM, TRUST, TIS) dan jajaran Forkopimda Kaltim.(yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait