Bulungan Juara Umum Jambore Tagana 2013

SAMARINDA – Kontingen Bulungan berhasil merebut gelar juara umum dalam kegiatan Jambore Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kaltim yang berlangsung pada 22-26 April 2013 di Lapangan Tembak Korem 091/ASN Tanah Merah dan Folder Air Hitam, Samarinda.
Kegiatan Jambore Tagana I Tingkat Kaltim yang diikuti sembilan kabupaten/kota meliputi Samarinda, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Timur, Bulungan, Kutai Barat dan Bontang tersebut ditutup Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kaltim, H Bere Ali, Jumat (26/4).
Bere Ali mengharapkan agar dengan berakhirnya kegiatan yang baru pertama kali  digelar di Kaltim ini mampu meningkatkan kemampuan, kapasitas dan keterampilan anggota Tagana Kaltim.
"Saat ini keberadaan Tagana sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal penanganan bencana telah diakui di masyarakat, oleh karena itu dengan digelarnya Jambore Tagana kali ini benar-benar dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas anggota Tagana di Kaltim,” ujarnya.
Jambore Tagana I Tingkat Kaltim ini mempertandingkan berbagai kategori  ketangkasan mulai dari Vertical Rescue, Water Rescue, Navigasi dan Survival, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Pengetahuan Baris Berbaris dan Devile hingga pembuatan perlindungan darurat (Shelter) dalam menolong para korban bencana.
Pada kesempatan itu, Bere Ali juga berpesan agar seluruh anggota Tagana di Kaltim tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan, karena kedua hal itu dinilai sebagai faktor terpenting guna bisa membawa Tagana bisa menjadi lebih maju dan lebih baik lagi di masa yang akan datang.
“Tagana bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat Kaltim khususnya dalam penanggulangan terjadinya bencana baik bencana alam maupun bencana sosial, ketika masyarakat berperan aktif dalam setiap kejadian bencana,” ujarnya.
Sementara itu, Pembina Tagana Kaltim, H Ayi Hikmat, yang juga selaku Ketua Panitia Jambore Tagana Kaltim 2013 mengungkapkan bahwa pihaknya mengagendakan kegiatan Jambore sebagai agenda rutin yang digelar setiap tahun dan digelar secara bergiliran di kabupaten/kota se Kaltim.
"Kita  harapkan kegiatan ini bisa terus berlanjut dan minimal digelar setahun sekali. Sedangkan tahun depan ada wacana untuk menggelar Jambore Tagana ke-II di Kota Balikpapan," ujarnya.
 Adapun kabupaten/kota peraih juara pada Jambore Tagana I 2013 untuk kategori Vertical Rescue diraih oleh Penajam Paser Utara, Kutai Timur dan Kutai Barat. Kategori pembuatan shelter Bulungan, Balikpapan, dan Paser.
Sedangkan untuk kategori Baris Berbaris dan devile direbut oleh Bulungan, Paser dan Kutai Timur. Lomba Navigasi dan Survival direbut Kutai Kartanegara, Paser dan Kutai Barat. Sementara kategori Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) juara diraih Paser. Penajam Paser Utara dan Kutai Barat, serta kategori Dapur Umum direbut oleh Kutai Barat, Bulungan dan Bontang. (yul/hmsprov).

///Foto : Sejumlah anggota Tagana memperagakan penganan korban bencana.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait