BUMD Diminta Mampu Tangkap Peluang

Gubernur menyam[aikan sambutan pada Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Forkom BUMD. (syaiful/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Melemahnya kondisi pertumbuhan ekonomi regional, nasional dan internasional menurut Gubernur Awang Faroek Ishak harus menjadi tantangan, bukan justru jadi masalah.  BUMD harus mampu menangkap peluang dari kondisi tersebut.  BUMD dan pemprov harus saling mendukung agar menemukan hasil terbaik.

 

"Diketahui memang ada BUMD yang kurang mampu. Tetapi diharapkan ke depan BUMD mampu menjadi perusahaan yang kreatif," kata Awang Faroek Ishak saat buka puasa bersama dengan Forum Komunikasi (Forkom) BUMD di Lamin Etam, Jumat (16/6).

 

Dengan kreativitas dalam pengelolaan perusahaan daerah, diharapkan BUMD tidak hanya bergantung dengan APBD dan APBN. Tetapi bagaimana BUMD mampu melakukan kerjasama yang baik dengan investor. Artinya BUMD tidak terbelenggu atau bergantung dengan modal dari daerah. "Karena itu, kami meminta seluruh BUMD sesuai bidang masing-masing dapat saling bekerjasama dengan OPD maupun investor, sehingga turut mendukung menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah," jelasnya.

 

Banyak peluang yang dapat dimanfaatkan. Contohnya, bidang infrastruktur, terutama melalui pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang dapat dikelola BUMD dengan bekerjasama dengan BUMN.  Karena itu, melalui momentum buka puasa ini komunikasi dan kebersamaan antar BUMD satu dan yang lain, termasuk OPD di lingkungan Pemprov Kaltim harus semakin baik.

 

Pemprov Kaltim siap memberikan dukungan kepada BUMD dalam menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Diyakini dengan kerja keras yang baik dan profesional program BUMD dapat didukung masyarakat.

 

Ketua Forum Komunikasi BUMD Brigjen TNI (purn) Idaman Ginting Suka mengatakan momentum buka puasa bersama diharapkan dapat meningkatkan tali silaturrahmi antar BUMD dan pemerintah serta masyarakat maupun tokoh masyarakat. Sehingga semangat BUMD dalam bekerja semakin tinggi mendukung program pemerintah daerah. Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberian bingkisan kepada anak yatim piatu oleh Forum Komunikasi BUMD Kaltim.  (jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation