BUMDes Tulang Punggung Ekonomi Masyarakat Desa

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD)  Kaltim HM Jauhar Effendi mengatakan di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini,  para kepala desa  diminta dapat berinovasi meningkatkan  perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan   Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

“Kepala  desa dituntut  bisa berinovasi  melihat peluang usaha yang muncul saat pandemi Covid-19 agar  kegiatan ekonomi di desa tetap bergairah memanfaatkan BUMDes,” kata Jauhar Effendi, belum lama ini.   

Jauhar meyakini BUMDes akan menjadi tulang punggung perekonomian mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa. Sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modal BUMDes dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa. 

“Karena itu, pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa,” ujarnya.

Jauhar menambahkan, BUMDes yang bertahan selama pandemi adalah BUMDes yang bisa membaca dan memanfaatkan peluang, seperti memproduksi hand sanitizer, alat pelindung diri atau  masker kain,  karena permintaan dari  masyarakat tinggi. Termasuk  permintaan pasar terhadap komoditas pertanian terutama rempah-rempah seperti jahe meningkat selama pandemi. 

“Kepala desa harus bisa memanfaatkan BUMDes  agar kegiatan perekonomian  di desa bisa  bergairah dan  bangkit kembali dari keterpurukan akibat dampak pandemi Covid-19. Banyak peluang  yang bisa dilakukan misalnya membuka obyek pariwisata yang tentunya sesuai potensi yang  dimiliki,” beber mantan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim itu.

Jauhar mengatakan sekarang ini era digital semuanya  serba cepat    dan  bisa memanfaatkan media sosial dalam promosi ataupun menjual produk unggulan yang dihasilkan, maupun  memanfaatkan  beberapa strategi yang akan dilakukan untuk menjaga dan memulihkan ketahanan ekonomi desa saat pandemi Covid-19.

“Kita harapkan  para kepala    desa dapat  terus berinovasi  menggeliatkan  perekonoian  masyarakat  melalui BUMDes   di  tengah pandemi Covid-19,   sehingga   roda ekonomi  dapat bergulir  yang  nantinya bisa meningkatkan   perekonomian masyarakat  pedesaan,” kata Jauhar Effendi. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait