Bunda PAUD Dukung Program Pemerintah

SAMARINDA – Pendidikan sudah ditetapkan pemerintah menjadi program prioritas pembangunan daerah, khususnya dalam upaya peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) Kaltim.

Bagian dari program percepatan pengembangan dan peningkatan kualitas serta daya saing SDM dimulai pendidikan jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) atau taman kanak-kanak (TK).  

Karenanya, Bunda PAUD (pendidikan anak usia dini) bersama jajaran pengelola maupun penyelenggara pendidikan di kabupaten dan kota diharapkan mendukung program pemerintah.

Imbauan itu disampaikan Bunda PAUD Kaltim Hj Encek Amelia Suharni Faroek pada pelantikan Bunda PAUD kabupaten dan kota di Convention Hall Samarinda, Rabu (17/2).

“Pemerintah telah menetapkan program satu desa satu PAUD. Maka, kita wajib dukung dan sukseskan program pendidikan itu,” kata Amelia Suharni Faroek.

Menurut dia, PAUD merupakan salah satu upaya pembinaan yang dilakukan terhadap anak sejak lahir hingga usia enam tahun. Pembinaan yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan baik jasmani maupun rohani.

“Upaya itu diharapkan mampu mempersiapkan anak usia dini untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Di sinilah Bunda PAUD bersama jajaran harus dapat berperan lebih optimal,” harap Amelia Suharni Faroek.

Terpenting lanjutnya, jalin komunikasi dan koordinasi dengan para kepala daerah baik bupati maupun walikota selaku ketua Pembina di masing-masing kabupaten dan kota.

Adapun Bunda PAUD yang dilaktik untuk masa bhakti 2016-2021 dari enam kabupaten dan kota terdiri Hj Puji Setyowati Syaharie Ja’ang (Samarinda) dan Muslinawati Edi Damansyah (Kutai Kartanegara) serta Hj Sri Juniarsih Muharram (Berau). Hj Mutiarni Yusriansyah Syarkawi (Paser) dan Hj Ence UR Firgasih Ismunandar (Kutai Timur) serta Yovita Bulan Bonifasius Belawan (Mahakam Ulu).

Pelantikan Bunda PAUD kemarin disaksikan juga oleh  Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dan Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi  serta bupati/walikota yang baru dilantik. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation