Buruh Berperan Penting Dalam Pembangunan

Buruh Berperan Penting Dalam Pembangunan

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, peran dan kontribusi buruh di Kaltim sangat besar dalam pembangunan. Gubernur juga memberi apresiasi tinggi karena buruh Kaltim mampu menjaga kondusifitas daerah.

Pujian gubernur disampaikan mengingat, tidak seperti aksi buruh di derah lain di Indonesia yang cenderung mengedepankan aksi demontrasi saat menyampaikan aspirasi termasuk tuntutan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP).

"Kita bersyukur, karena buruh-buruh di Kaltim cerdas. Tidak mau melakukan demontrasi, tetapi mewakilkan kepada serikat pekerja dan serikat buruh untuk melakukan perundingan terkait permasalahan yang dialami," kata Awang Faroek Ishak saat memimpin rapat penetapan UMP Kaltim 2016 di Ruang Rapat Gubernur, Jumat (30/10). 

Dikatakan, keberadaan buruh yang selalu menjaga kondusifitas di Kaltim patut mendapatkan apresiasi. Selanjutnya, gubernur meminta kepada seluruh serikat pekerja maupun asosiasi pengusaha untuk selalu melakukan koordinasi baik kepada buruh maupun kepada pemerintah, sehingga antisipasi masalah selalu bisa dilakukan dengan baik. 

Lebih jauh disebutkan gubernur, bukan hanya buruh, mahasiswa maupun LSM, Pemprov Kaltim selalu membuka pintu untuk penyampaian aspirasi. Dialog dengan hati yang sejuk akan lebih baik daripada harus berpanas-panasan di jalan.

"Pintu  Kantor Gubernur selalu terbuka kepada siapapun yang ingin menyampaikan aspirasi. Bukan hanya buruh, mahasiswa maupun lembaga swadaya masyarakat. Kami siap menerima  kritik, asalkan kritik yang membangun," ujar Awang.

Khusus untuk penetapan UMP 2016, Gubernur Awang Faroek menyampaikan ucapan terima kasih kepada serikat pekerja/buruh dan asosiasi pengusaha serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim yang mampu mengawal hingga penetapan UMP tanpa satu aksi anarkis pun dari pekerja dan buruh. Hingga rapat ke-17 akhirnya  dicapai  kesepakan bersama dalam penetapan UMP Kaltim 2016 sebesar Rp 2.161.253.

"Oleh karena itu, saya harapkan kondusifitas seperti sekarang ini, kiranya bisa dipertahankan dan ditingkatkan, karena kunci keberhasilan pembangunan adalah kondusifitas," pesan Awang Faroek. (mar/sul/hmsporv) 

Berita Terkait
Government Public Relation